Sambut HUT RI, Korem Babullah Gelar Lomba Agustusan

Sambut HUT RI, Korem Babullah Gelar Lomba Agustusan


Sambut HUT RI, Korem Babullah Gelar Lomba Agustusan

Posted: 16 Aug 2018 02:51 PM PDT

TERNATE, LELEMUKU.COM - Dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Korem 152/Babullah menggelar perlombaan khas agustusan bertempat di Lapangan Makorem Jl. A.M. Kamarudin No. 1 Kel. Sangaji Ternate Utara pada (12/08).

Kegiatan perlombaan yang dikhususkan bagi anak-anak tersebut berlangsung meriah, dimana dilaksanakan perlombaan khas seperti balap karung, makan kerupuk, sendok kelereng, pensil botol hingga panjat pinang diikuti oleh anak-anak asrama maupun lingkungan sekitar sangaji. nampak wajah sumringah maupun suka cita hingga ekspresi kelelahan dari anak-anak usia TK hingga Sekolah Menengah Pertama tersebut namun tidak mengurangi semangat mereka untuk mengikuti berbagai permainan untuk meraih hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

Dalam keterangannya Kapenrem 152/Bbl Kapten Inf Iriono menyampaikan bahwa kegiatan perlombaan ini dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI, yang bertujuan selain selain memberikan hiburan juga menanamkan semarak dan semangat kemerdekaan bagi generasi muda sehingga mereka dapat memaknainya dengan sebuah suka cita dan rasa cinta tanah air. (Penrem 152

Korem Babullah Bersihkan Pantai di Kota Ternate

Posted: 16 Aug 2018 02:49 PM PDT

Korem Babullah Bersihkan Pantai di Kota TernateTERNATE, LELEMUKU.COM - Korem 152/Babullah menggelar kegiatan revitalisasi pembersihan pantai di wilayah Kota Ternate dengan melibatkan 500 personel gabungan TNI/Polri, Komunitas Peduli Sampah Ternate, Himpunan Putra/i Keluarga Angkatan Darat (HipakatAD), PMI, Komunitas Sepeda GBC serta masyarakat Kota Ternate pada (12/08)

Kegiatan yang mengusung tema "Menuju Focus Bersama 2025, Kita Rindukan Ternate Bersih" yang dihadiri oleh Wakapolda Malut Kombes Pol Lukas Ary Dwiko, Kakanhan Malut Kolonel Mar Rahmat, Sekkot Ternate Tauhid Soleman, Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M., M.Tr (Han). Kegiatan diawali dengan apel pengecekan yang dilaksanakan di Kompleks Pelabuhan Dufa-Dufa Ternate Utara dilanjutkan pembagian sektor pembersihan dari mulai Tafure hingga kawasan reklamasi Ternate.

Dengan berbekal kantong sampah yang disediakan penyelengara para personel gabungan menyisir kawasan pantai dan memungut sampah-sampah hingga menyekop tanah yang mengendap dan menyumbat saluran air, kegiatan pembersihan berlangsung hingga pukul 11 siang.

Sementara itu dalam keterangannya Kapenrem 152/Bbl menyampaikan bahwa pembersihan ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73 sekaligus lanjutan program Revitalisasi Pantai ternate yang selama ini telah berjalan, selain itu diharapkan dapat juga menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan yang bersih. (Penrem 152)

Sambut HUT RI, Kodim Tobelo Selenggarakan Lomba Kesenian Daerah

Posted: 16 Aug 2018 02:46 PM PDT

Sambut HUT RI, Kodim Tobelo Selenggarakan Lomba Kesenian DaerahTOBELO, LELEMUKU.COM - Kodim 1508/Tobelo menyelenggarakan Komsos Kreatif lomba Kesenian Daerah yang di laksanakan di aula Kodim 1508/Tobelo Jln. Pemerintahan, Ds. MKCM, Kec. Tobelo, Kab. Halmahera Utara, Prov. Maluku Utara, Rabu (15/8).

Dalam sambutannya Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto mengatakan, kegiatan komsos kreatif ini sebenarnya sudah setiap tahun dilaksanakan jadi ini merupakan kegiatan program dari TNI AD yang tiap tahunnya dilaksanakan, yang dimana beda pada tahun ini kita laksanakan mendekati tanggal 17 Agustus 2018 dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 Tahun.

Setiap tahunnya kegiatan seperti ini di laksanakan dengan materi yang berbeda, di tahun ini kita mengangkat materi yang positif yaitu lomba Melukis dan Kesenian Daerah, dengan tema yang di ambil Melalui Kekanunggalan TNI Rakyat Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme, ujarnya.

Kita harapkan dengan kegiatan ini, kita dapat menunjukkan komunikasi sosial krektif kepada masyarakat. Serta kita dapat menyalurkan bakat seni yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Halmahera Utara. Sehingga nantinya dapat tersalurkan", pungkas Dandim.

Dan saya juga harapkan kegiatan ini sebagai hal yang positif dan dapat mengembangkan semangat para siswa- siswi untuk berkarya karena lomba Melukis dan Kesenian Daerah ini adalah pondasi untuk menggali sumber daya yang di miliki dan bertanggung jawab kepada nusa dan bangsa, ungkapnya.

Para juara lomba Melukis dan Kesenian Daerah mendapatkan Tropi, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan dari Kodim 1508/Tobelo.

Dari hasil penilaian juri, berhasil keluar sebagai juara pertama lomba Melukis dimenangkan oleh  Juned Kamaludin (Desa Soa Sio) , juara kedua Jerry Tjuluku (SMA Kristen) dan juara ketiga Devie Jesika Labaka (SMP N 1).

Sementara untuk lomba Kesenian Daerah berhasil keluar sebagai juara pertama tim dari SMA N 6 Halut, juara kedua tim dari SMA N 1 Halut dan juara ketiga tim dari SMA Kristen Tobelo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto dan Ibu, Plh. Pasi Ter Kodim 1508/Tobelo Kapten Inf I Putu Artana Jaya, Wakil Ketua Persit KCK cabang XXXI Dim 1508/Tbl Ibu Dewi Manasari Robi, para Tim Juri, para Guru, para orang tua pesrta lomba dan 20 tim peserta lomba Kesenian Daerah serta siswa siswi. (Penrem152).

Anggota TNI Latih Paskibra dan PBB ke Warga Kota Tual

Posted: 16 Aug 2018 02:42 PM PDT

Anggota TNI Latih Paskibra dan PBB ke Warga Kota TualTUAL, LELEMUKU.COM - Dalam rangka memperingati HUT RI ke 73, Bintara Pembina Desa (Babinsa) mempunyai peran penting bagi Desa Binaanya hal ini ditunjukan oleh Serma Gani Ohoitenan dan Serda Onesimus Elsoin dalam  melatih Paskibra  dan PBB bagi pegawai kantor kelurahan bertempat di Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, Senin (13/8).

Dalam kegiatan ini berbagai materi diajarkan oleh para Babinsa diantaranya cara berjalan, cara ayunan tangan, cara penghormatan serta menjelaskan antara langkah biasa dan langkah tegap.

Disamping itu dihari yang sama Babinsa  Serda Jufri Djansai bersama warga melaksanakan kegiatan pengecoran fondasi Gereja Santo Paulus Namar. Dalam kegiatan ini kita sadar betul, bahwa tugas dan peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) merupakan ujung tombak dalam peningkatan kesejahteraan warga masyarakat, sekaligus sebagai mata telinga bagi keamanan di wilayah masing-masing.  (Penrem151)

Eratkan Silahturahmi, TNI-POlri Gelar Olahraga Bersama di Lantamal IX

Posted: 16 Aug 2018 02:40 PM PDT

Eratkan Silahturahmi, TNI-POlri Gelar Olahraga Bersama di Lantamal IXHALONG, LELEMUKU.COM - Guna mempererat hubungan silaturahmi sekaligus mempertajam sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah dan Masyarakat, Lantamal IX Ambon gelar olahraga bersama dalam rangka memperingati HUT RI bertempat di Lapangan Lantamal IX, Desa Halong, Kec Baguala, Kota Ambon, Senin (13/8).

Kegiatan olahraga bersama ini turut dihadiri oleh Sekda Prov. Maluku (mewakili Gubernur), Kapolda Maluku, Wakapolda Maluku, Irdam XVI/ Pattimura (mewakili Pangdam XVI/Pattimura), Irwasda Polda Maluku, Danlanud Pattimura, Wadan Lantamal IX (mewakili Danlantamal), Para personel TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Maluku/Pemkot Ambon serta Toga, Tomas dan pelajar serta masyarakat Se Kota Ambon.

Danlantamal IX yang di wakili oleh Wadanlanal IX Ambon dalam Sambutan resminya menyampaikan kegiatan olahraga bersama yang kita laksanakan ini dalam rangka membina hubungan komunikasi yang harmonis dan kebersamaan antara TNI-Polri Pemerintah dan Masyarakat.

"Dengan melalui olaraga bersama ini diharapkan dapat semakin mempererat jalinan kebersamaan, memperkokoh persatuan dan kesatuan antara TNI - Polri dan Pemerintahan serta seluruh lapisan masyarakat," pungkas Danlantamal IX. (Penrem151)

Kodim Ambon Bantu Panen Padi Warga di Waimital

Posted: 16 Aug 2018 02:38 PM PDT

Kodim Ambon Bantu Panen Padi Warga di WaimitalWAIMITAL, LELEMUKU.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon turut melaksanakan kegiatan panen raya padi  di lahan seluas 1 hektar, bertempat di Areal persawahan milik Jumari, warga Desa Waimital Jl. Trans Seram, Waimital, Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku pada Jumat (10/8).

Kegiatan ini, di pimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon, Letkol Inf Fendry Novyanto Raminta dengan di dampingi beberapa orang anggota staf Kodim 1502/Masohi dan anggota staf Kodim 1504/Ambon.

Pelaksanaan Penanaman Padi dilaksanakan  secara Tapin yaitu tanam  pindah dimana dari bibit di tanam sendri dengan umur 18-20 hari kemudian bibit tanaman padi tersebut di pindahkan ke areal persawahan selama  105 hari.

Dalam kegiatan ini Letkol Inf Fendry Novyanto Raminta menyampaikan bahwa  kegiatan tersebut merupakan  sebagai motivasi bagi para petani, Guna meningkatkan produktivitas panen padi, serta memenuhi ketahanan pangan.

"Bahwa panen raya padi ini merupakan nikmat besar yang diberikan oleh Allah yang maha kuasa di ibaratkan Padi yang kita tanam hanya satu butir padi dan hasilnya melimpah ruah," ucap Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapten Inf Bambang Danramil 1502-08/Kairatu, Kapten Arm Suriyanto, Pasiter Kodim 1504/Ambon, Kapten Inf Rudy R. Zeth Budo, Pasipers Kodim 1504/Ambon, Bpk. Romdoni SH, Kaur Pemerintahan Ds. Waimital dan Para ibu Persit Kodim 1504/Ambon. (Penrem151)

Benhur Tomi Mano dan Gustav Urbinas Pimpin Pawai HUT RI ke 73 di Jayapura

Posted: 16 Aug 2018 02:29 PM PDT

Benhur Tomi Mano dan Gustav Urbinas Pimpin Pawai HUT RI ke 73 di JayapuraJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM bersama Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK memimpin langsung pawai budaya dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 73 bertempat di Kantor Walikota Jayapura Distrik Jayapura Selatan. Rabu (15/8) siang pukul 14.10 wit

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustam Saru, MM, Asisten I Setda Kota Jayapura Drs. Hanock Wambukomo, MM, Kepala Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Ibu Betty Antoneta Puy, SE, Kabag Hukum Pemerintah Kota Jayapura Makzi L. Atanay, SH, Kepala Dinas Sosial Irawadi, S.Sos., MM yang diikuti oleh 15 Panguyuban Se Kota Jayapura, SKPD di Lingkungan Kota Jayapura, Organisasi Masyarakat, Komunitas Jeep dan 31 Club Motor.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutannya menyampaikan kota jayapura adalah rumah kita dan ini istana kita, kota jayapura bagian integral dari negara kesatuan Republik Indonesia dan tidak ada satu orang pun di dunia yang membangun negara diatas negara serta tidak ada seorangpun yang bisa memecah belah nilai-nilai kebangsaan indonesia.

Lanjut Walikota Jayapura, kita putra bangsa negara republik indonesia dengan berpedoman pancasila yang mengikat kita semua dari suku bangsa, agama yang ada di kota jayapura, kita tidak boleh terpecah belah dan kita harus kuat serta kompak dalam bersatu membangun kota jayapura sesuai dengan moto pembangunan kota jayapura satu hati membangun kota untuk kemuliaan Tuhan.

"Mari kita menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan kota ini dan yang terpenting adalah toleransi kerukunan umat beragama dikota jayapura tetap kita jaga dengan baik, jayalah kota jayapura,"Ucap Dr. Drs. Benhur Tomi Mano,  MM.

Dilanjutkan pelepasan rombongan pawai budaya nusantara dalam rangka memperingati HUT RI Ke 73 Tahun 2018 oleh Wakil Walikota Jayapura Ir. Rustam Saru, MM.

Pawai Budaya Nusantara yang dipimpin Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM bersama Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK dengan rute kantor walikota dengan mengelilingi kota jayapura dengan finish di Gor Waringin.(HumasPoldaPapua)

Timotius Akerina Lantik Pengurus TP-PKK Kabupaten Seram Bagian Barat

Posted: 16 Aug 2018 02:21 PM PDT

Timotius Akerina Lantik Pengurus TP-PKK Kabupaten Seram Bagian BaratPIRU, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku Timotius Akerina SE,M.Si yang didampingi Sekertaris Daerah Mansur Tuharea,SH,MM, Ketua TP-PKK SBB, Ibu. Sarifah Payapo, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab SBB menghadiri dan melantik Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Seram Bagian Barat Periode 2017-2022 di lantai III Kantor Bupati SBB pada Kamis (16/8)

Dalam sambutannya Bupati SBB mengatakan PKK memiliki 10 Program Pokok yang dapat menjadi pilar yang kokoh dalam mendorong upaya-upaya pemerintah daerah untuk proses penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan masyarakat, olehnya PKK tidak hanya berfokus pada kesejahteraan semata.

"Namun PKK juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB, melalui program pengembangan berkoperasi, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. PKK juga mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan UPPKS," Ucap Wakil Bupati.

Selain itu, ada juga Visi gerakan PKK yang menghadirkan tugas penting dalam mewujudkan keluarga sejahtera untuk menuju masyarakat yang maju, mandiri, demokratif partisipatif, dan sadar hukum.

Dimana visi tersebut, menerapkan setiap keluarga perlu meningkatkan perannya untuk ikut mewujudkan masyarakat adil dan makmur, sejahtera, lahir dan batin. Salah satu upaya untuk mewujdukan visi gerakan PKK adalah dengan fasilitasi non- intruktif, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan keluarga guna menghasilkan kemandirian keluarga itu sendiri.(HumasSBB)

Yasin Payapo Hadiri Malam Perenungan Suci di TMP Ramba Anbara Piru

Posted: 16 Aug 2018 02:16 PM PDT

Yasin Payapo Hadiri Malam Perenungan Suci di TMP Ramba Anbara PiruPIRU, LELEMUKU.COM - Bupati Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku Drs. M Yasin Payapo, M.Pd menghadiri malam perenungan suci di Taman Makam Pahlawan Kab Ramba Anbara Piru pada Jumat (17/7).

Selain Bupati Payapo, malam perenungan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Timotius Akerina, SE,M.Si, Ketua DPRD, Drs. J. Rutasouw, beserta Anggota,dan Sekertaris Daerah Mansur Tuharea, SH,MM bersama Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab SBB, Petinggi dan Anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 1502-07/Piru.

Kegiatan yang merupakan rangkaian prosesi memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia (RI) yang ke 73 ini juga diikuti oleh para petinggi dan Anggota Polres SBB, Petinggi dan Pasukan Brimob Kompi II Piru, beserta anggota Pramuka. (HumasSBB)

Gustav Urbinas Hadiri Penutupan Pameran Pembangunan Kota Jayapura

Posted: 16 Aug 2018 02:06 PM PDT

Gustav Urbinas Hadiri Penutupan Pameran Pembangunan Kota JayapuraJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota Ny. Yuhanna Gustav Urbinas saat menghadiri penutupan pameran dan hasil pembangunan Kota Jayapura dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73 bertempat di Gor Waringin Kotaraja Jalan Raya Sentani- Abepura Distrik Abepura Kota Jayapura. Rabu (15/8) malam pukul 19.30 wit.

Hadir dalam acara tersebut Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Kepala Kejaksaan Kelas 1A Kota Jayapura Akmal Abbas, SH., MH, Wakil Walikota Jayapura Ir. Rustam Saru, MM, Kasdim 1701 Jayapura Mayor Inf. Rudolf Glen Paulus, PLT Sekda Kota Jayapura Drs. Frans Pikey, Ketua Penggerak PKK Kota Jayapura Christine L. Mano, SE, Para Pimpinan OPD Klasis GKI Kota Jayapura dan Para Pimpinan Dharma Wanita Kota Jayapura serta Para Tokoh-tokoh Adat Port Numbay Kota Jayapura.

Kegiatan diawali dengan pembacaan doa oleh Pdt. Arnold, S.Th dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Kepala Dinas Diskominfo Kota Jayapura Bapak Binton Nainggolan serta peloncingan Aplikasi E-WEYAMBE oleh Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada malam penutupan pameran dalam rangka HUT RI Ke 73, Pemerintah Kota Jayapura memberikan inovasi baru yakni peloncingan Aplikasi berbasis Android yaitu E-WAYAMBE yang dapat membantu Dinas Kependudukan dalam pendataan penduduk kota jayapura serta membatasi gerak gerik dari para oknum radikalisme di kota jayapura.

Lanjut Walikota, dalam pelaksanaan pameran ini kita bisa melibatkan para pemuda-pemuda kota jayapura dalam kegiatan pembangunan dalam bidang Pendidikan, Perekonomian dan Kesehatan sehingga kota jayapura lebih maju kedepannya.

"Dimana kita tadi baru melaksanakan pawai bersama masyarakat kota jayapura dalam menunjukkan tiada perbedaan diantara kita, yang mana dikandung maksud untuk "sekali NKRI tetap NKRI" dan sekali Merah Putih tetap Merah Putih", maka mari kita perangi kebodohan, kemiskinan sehingga kita harus memajukan nilai nasionalisme serta ideologi pancasila dalam generasi muda didalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,"Ucap Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM.

Walikota menuturkan uacapan terima kasih kepada seluruh peserta pameran untuk sekali lagi mencintai kota jayapura, dimana kota ini bukan hanya milik masyarakat Port Numbay tetapi milik semua orang yang tinggal dikota jayapura, dan mari bersama menjaga kesatuan serta kerukunan umat beragama.

Pemukulan tifa sebagai tanda penutupan pameran dan ekspose hasil-hasil pembangunan kota jayapura dalam rangka HUT RI Ke 73 oleh Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM didampingi Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK serat para Muspida Kota Jayapura.

Dilanjutkan dengan penyerahan piala dan uang pembinaan kepada pemenang lomba-lambo yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Jayapura dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 73.(HumasPoldaPapua)

Polres Jayapura Kota Bagi Doorprize di Stan Para-Para Pelayanan Publik

Posted: 16 Aug 2018 02:04 PM PDT

Polres Jayapura Kota Bagi Doorprize di Stan Para-Para Pelayanan PublikJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Diakhir Pemeran Pembangunan Kota Jayapura Stan Para-Para Pelayanan Publik Polres Jayapura Kota membagikan Dorprize terhadap pengunjung bertempat di Gor Waringin Kotaraja Distrik Abepura Kota Jayapura. Rabu (15/8) malam pukul 19.00 wit.

Pembagian Dorprize terhadap para pengunjung Stan Para-Para Pelayanan Publik Polres Jayapura Kota  dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 73.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK saat dikonfirmasi mengatakan pembagian dorprize ini meliputi berbagai item yaitu perpanjangan sim, kuis berhadiah, foto di fhotoboot like terbanyak dan lomba fhotoboot.

Lanjut Kapolres, dimana dengan pembagian dorprize ini semua hanya untuk memeriahkan HUT RI Ke - 73 Tahun 2018.

"Yang lebih menarik lagi adalah pembagian dorprize terhadap para pengunjung khususnya kepada anak-anak yang harus bisa menjawab pertanyaan dari MC yaitu menyebutkan Pancasila dan hasilnya banyak anak-anak yang antusias untuk menjawab pertanyaan tersebut,"Pungkas AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK.

Kapolres menjelaskan bahwa dengan adanya pertanyaan tersebut dan anak-anak bisa menjawab dengan benar, maka kita bisa menilai bahwa di usia anak-anak sekarang mempunyai nilai moral yang baik untuk masa depan bangsa ini.(HumasPoldaPapua)

Polisi Gagalkan Penyeludupan Ratusan Liter Sopi dari Ambon

Posted: 16 Aug 2018 01:59 PM PDT

Polisi Gagalkan Penyeludupan Ratusan Liter Sopi dari AmbonJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Hendak selundupkan ratusan liter minuman keras lokal jenis Sopi menggunakan Kapal Motor (KM) Dobonsolo, dua Ibu rumah tangga (IRT) diamankan pihak Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura, Provinsi Papua pada Selasa (14/08/18) dini hari tadi.

DP (43) dan SM (31) ditangkap saat Debargasi penumpang turun dari kapal Dobonsolo, selain mengamankan keduanya Polisi juga mengamankan barang bukti 110 liter miras jenis Sopi yang di kemas didalam plastik bening dan disimpan didalam tas ransel.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK melalui Kapolsek KPL Jayapura Iptu Joko Prayogo, S.Sos saat dikonfirmasi mengungkapkan setelah kedapatan menyelundupkan Miras tersebut keduanya langsung diamankan beserta barang bukti.

"Para pelaku dikenakan proses tindak pidana ringan (Tipiring), dan saat ini barang bukti msh diamankan di Polsek, sedangkan pelaku keesokan harinya langsung dilakukan proses sidang tipiring di Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura.

Dirinya pun menjelaskan modus para pelaku sendiri untuk menyelundupkan miras tersebut menggunakan jasa buruh tenaga kerja bongkar muat, namun berhasil digagalkan oleh anggota yang melakukan pengamanan diseputaran Pelabuhan.

"Mereka suruh TKBM yang angkat namun modus tersebut berhasil dibaca. Sementara hasil pemeriksaan Sopi tersebut berasal dari Ambon dan rencananya akan di perjual belikan di kota Jayapura," tuturnya.

Lanjut Kapolsek menambahkan sejauh ini pelabuhan laut Jayapura merupakan sasaran empuk para oknum pelaku yang hendak menyeludupkan Narkoba maupun miras. namun pihaknya akan terus berupaya membangun kerja sama dengan instansi terkait guna meningkatkan pengawasan di Pelabuhan Laut Jayapura.(HumasPoldaPapua)

Korem Binaiya Terima Kunjungan Tim Dispsiad

Posted: 16 Aug 2018 01:51 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Komando Resor Militer  (Korem) 151/Binaiya menerima langsung kunjungan dari empat orang Tim Dispsiad oleh Mayor Caj  Beda Teniwut, SH, Letda Caj Kowad Agita, Serka Yoyon Kartin dan PNS Ema bertempat di Baileo Korem 151/Binaiya, Rabu (8/8).

Dilaksanakannya kunjungan Tim Dispsiad itu dalam rangka penelitian pengembangan pertahanan (Litbanghan) tentang pengaruh dukungan sosial terhadap moril aparat teritorial serta pengambilan sempel bujuk tentang kepemimpinan.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Danrem 151/Binaiya, Christian K. Tehuteru, Para Kasi, Pasi, serta prajurit Korem 151/Binaiya. (Penrem151)

Jokowi Nilai Keamanan Jadi Modal Perkuat Ekonomi Makro

Posted: 16 Aug 2018 01:48 PM PDT

Jokowi Nilai Keamanan Jadi Modal Perkuat Ekonomi MakroJAKARTA, LELEMUKU.COM - Ekosistem demokrasi yang kondusif dan stabilitas keamanan menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk memperkokoh stabilitas makro ekonomi dan meningkatkan kualitas pertumbuhan.

Selain itu juga untuk memastikan tercapainya tujuan keadilan ekonomi, menyiapkan pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka panjang, serta melakukan reformasi struktural untuk peningkatan daya saing ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat berpidato di hadapan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD-RI, Jakarta, pada Kamis, (16/8).

"Ekonomi kita terus tumbuh di kisaran 5 persen per tahun, di tengah ketidakpastian ekonomi dunia yang sedang berlangsung. Inflasi selalu pada kisaran 3,5 persen. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa untuk menjaga daya beli rakyat. Realisasi inflasi bulan Juni 2018 berhasil ditekan pada angka 0,59 persen atau terendah dibandingkan inflasi saat Hari Besar Keagamaan Nasional dalam tujuh tahun terakhir," kata Presiden.

Presiden menuturkan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan pengendalian inflasi yang terjaga membuat pertumbuhan ekonomi menjadi lebih berkualitas dan dapat dirasakan dampaknya. Menurutnya, angka pengangguran terbuka turun menjadi tinggal 5,13 persen pada Februari 2018. Untuk pertama kalinya, sambungnya, persentase kemiskinan Indonesia turun ke angka satu digit, yaitu menjadi 9,82 persen pada Maret tahun 2018.

"Kita sudah berhasil menekan angka kemiskinan dari 28,59 juta atau 11,22 persen pada bulan Maret tahun 2015 menjadi 25,95 juta atau 9,82 persen pada Maret tahun 2018," katanya.

Sementara itu, untuk memberikan jaminan perlindungan bagi keluarga miskin, Presiden mengatakan Program Keluarga Harapan (PKH) diperluas cakupannya, dari hanya 2,7 juta keluarga di tahun 2014 menjadi hampir 6 juta keluarga penerima manfaat pada tahun 2016 dan secara bertahap meningkat hingga 10 juta keluarga pada tahun 2018. Jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN juga telah ditingkatkan secara bertahap, dari 86,4 juta jiwa pada tahun 2014 menjadi 92,4 juta jiwa pada bulan Mei tahun 2018.

    "Total kepesertaan BPJS Kesehatan sendiri telah mencapai lebih dari 199 juta orang dan akan terus ditingkatkan agar jangan ada rakyat Indonesia yang tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan karena kendala biaya," katanya.

Presiden mengatakan bahwa keadilan ekonomi sangat menjadi perhatian serius pemerintah, terutama keadilan bagi 40 persen lapisan masyarakat di bawah. Menurutnya, tingkat ketimpangan terendah dalam 6 tahun terakhir, yaitu Rasio Gini sudah turun menjadi 0,389.

Namun demikian, Presiden melanjutkan, upaya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tidak pernah berhenti. Pemerintah merancang banyak program untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat agar pemerataan pendapatan bisa segera diwujudkan. (Setkab)

Joko Widodo Ajak Warga Indonesia Bersyukur Menjadi Bangsa Tangguh

Posted: 16 Aug 2018 01:43 PM PDT

Joko Widodo Ajak Warga Indonesia Bersyukur Menjadi Bangsa TangguhJAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang tangguh yang harus terus berjuang dan menggapai prestasinya.

"Selama 73 tahun kita sudah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh, bangsa yang tahan banting, bangsa yang ingin terus berprestasi meraih kemenangan dan kemajuan. Pada usia yang ke-73 tahun ini, kita terus bekerja, ikhtiar, berjuang untuk mengejar prestasi bangsa, karena harus kita akui, ada beberapa negara lain yang mencapai kemajuan lebih cepat dibanding negara kita," ungkap Presiden dihadapan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD-RI, Jakarta, pada Kamis, (16/7).

Namun demikian, Presiden juga mengatakan bahwa bangsa Indonesia harus bersyukur karena masih lebih baik dibanding banyak negara lain. Menurut Presiden, Indonesia telah mampu memanfaatkan kebinekaan dengan ciri khas budayanya masing-masing dan dengan kearifan lokalnya masing-masing untuk menjadi sumber energi kemajuan bangsa, menjadi sumber energi yang tidak pernah habis, menjadi sumber inspirasi bagi seluruh anak bangsa, menjadi sumber kreativitas untuk memenangkan dan mengharumkan nama bangsa dan negara dalam pentas persaingan global.

"Kita bersyukur memiliki Pancasila sebagai sumber energi ideologis bangsa, yang memandu seluruh anak bangsa dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan. Pancasila adalah bintang pengarah, penggerak, sumber inspirasi, dan sekaligus sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Dengan berpegang teguh pada Pancasila, saya yakin kita akan menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat dalam pergaulan bangsa-bangsa lain di dunia, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi," kata Presiden.

Selain itu, Presiden menyampaikan rasa syukur juga harus dipanjatkan oleh bangsa Indonesia dalam kaitannya sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, sekaligus menjadi negara demokrasi terbesar keempat di dunia. Menurutnya, sebagai bangsa kita telah berhasil lepas dari ketakutan terhadap ancaman instabilitas dan kekerasan politik dalam setiap regenerasi kepemimpinan nasional maupun daerah.

Hal tersebut, sambung Presiden, terlihat pada 101 pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2017 dan 171 pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2018 yang telah berhasil dilaksanakan dengan aman dan damai. Rakyat menyambut pesta demokrasi itu dengan kegembiraan, dengan antusiasme yang tinggi, serta kedewasaan politik yang semakin matang.

"Saya yakin, dengan pengalaman yang panjang dalam berdemokrasi, Insya Allah, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak di tahun 2019 akan berlangsung dengan aman, damai, dan demokratis," kata Kepala Negara.

Walaupun banyak yang harus disyukuri, namun Presiden mengingatkan agar kita tidak boleh cepat berpuas diri. Menurutnya, Indonesia harus mengejar ketertinggalannya dari negara-negara lain yang mampu berlari lebih cepat dalam menggapai kemajuan, menjadi negara maju yang bisa berdiri sejajar dengan negara-negara maju lainnya di dunia, serta menjadi negara yang berdaulat, bermartabat, dan dihormati negara-negara lain di dunia.

Oleh karena itu, kata Presiden, kita harus memperkuat fondasi dan mengumpulkan energi untuk melakukan lompatan kemajuan. Selain itu, kita juga harus berani melakukan terobosan untuk melompat jauh ke depan, berani membuat kebijakan yang hasilnya tidak kita nikmati saat ini, tapi membuat langkah kita ke depan menjadi lebih cepat.

"Kita tidak boleh terjebak dalam pragmatisme jangka pendek, yang justru membuat jalan kita melambat di masa depan. Kita tidak boleh terjebak pada status sebagai negara berpenghasilan menengah. Kita tidak boleh terkena middle income trap, tapi kita harus berhasil menjadi negara maju, menjadi Indonesia yang maju,"

Menurut Presiden apa yang telah dilakukan bangsa Indonesia kemarin dan saat ini bukanlah semata-mata untuk memecahkan masalah masa kini atau masalah satu-dua tahun ke depan, tetapi juga menjadi bagian dari lompatan kemajuan Indonesia untuk menjawab masalah-masalah bangsa di masa depan. Kepala Negara memberikan contoh keberhasilan Timnas Sepakbola Indonesia U-16 yang menjuarai turnamen ASEAN Football Federation pada 11 Agustus 2018. Tim yang masih berusia 16 tahun ke bawah ini, lanjut Presiden, adalah masa depan sepakbola Indonesia, mereka adalah masa depan Indonesia.

"Benih-benih harapan untuk kejayaan bangsa Indonesia dari hari ke hari semakin bersemai. Putra-putri Indonesia yang mengibarkan bendera Merah Putih di pentas dunia semakin banyak. Prestasi gemilang yang membanggakan kita semua, diraih oleh putra-putri Indonesia dalam berbagai kompetisi tingkat dunia, dalam kompetisi bidang sains dan teknologi, lomba hafal Al-Quran, festival seni dan budaya, kejuaraan olah raga serta berbagai kompetisi lainnya. Kita berhasil menggaet posisi terhormat. Prestasi yang diraih anak-anak bangsa tersebut harus didukung oleh ekosistem yang kondusif sehingga bisa lebih berkontribusi untuk Indonesia maju," ujarnya.

Presiden menyampaikan bahwa ekosistem demokrasi, ideologi Pancasila yang kokoh, Bhinneka Tunggal Ika, dan semangat gotong royong harus ditopang dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Menurutnya, upaya untuk membebaskan Indonesia dari jeratan korupsi yang mengkhianati kepercayaan rakyat, menggerogoti anggaran negara, dan merusak sendi-sendi perekonomian bangsa harus terus dilakukan.

"Korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dilawan dengan cara-cara yang luar biasa. Pemerintah akan terus mendukung upaya KPK untuk memberantas korupsi," katanya.

Upaya-upaya pemerintah tersebut antara lain memberikan prioritas yang tinggi pada upaya pencegahan sebagaimana halnya dengan upaya penindakan. Untuk itu, Pemerintah telah mengeluarkan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, melalui Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2018 sebagai arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi. Selain itu, Pemerintah juga meneruskan inisiatif Saber Pungli, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang sampai semester I tahun 2018 telah melaksanakan 2.911 kegiatan Operasi Tangkap Tangan.

Selain pemberantasan korupsi, Presiden mengatakan pemerintah juga memberikan perhatian yang kuat pada upaya penghormatan, perlindungan, pemenuhan, dan penegakan Hak Asasi Manusia. Hal tersebut yang menjadi semangat pemerintah dalam mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 33 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Tahun 2015-2019.

"Pemerintah berupaya mempercepat penyelesaian kasus-kasus HAM masa lalu serta meningkatkan perlindungan HAM agar kejadian yang sama tidak terulang lagi di kemudian hari," katanya.

Presiden menuturkan dibutuhkan keberanian dan ketegasan dalam melakukan berbagai lompatan kemajuan. Ketegasan untuk mengambil keputusan yang terbaik bagi kepentingan rakyat Indonesia tersebut antara lain ketegasan untuk melindungi hutan dan lahan. Upaya itu menurut Presiden telah membuahkan hasil, yaitu area kebakaran hutan dan lahan menurun signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Walaupun demikian, Presiden mengatakan ketegasan tersebut tidak akan bisa maksimal tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada aparat TNI, Polri, pemerintah daerah, dan seluruh warga masyarakat yang dengan penuh dedikasi mencegah dan melawan ancaman kebakaran hutan," ucapnya.

Selain dalam bidang penegakan hukum, Presiden menyebutkan ketegasan juga dibutuhkan dalam pemberantasan narkoba yang merusak masa depan bangsa. Upaya ini membutuhkan kerja bersama semua pihak guna menyelamatkan nyawa belasan ribu putra-putri Indonesia yang setiap tahunnya menjadi korban kejahatan narkoba.

Ketegasan juga, sambung Presiden, harus dilakukan dalam menjaga kekayaan alam Indonesia untuk berdaulat atas sumber daya alamnya. Pemerintah terus menjaga kedaulatan maritim, mulai dari laut, teluk, sampai dengan samudra.

"Kita tidak main-main dengan aksi pencurian ikan yang dulu sering terjadi di perairan kita. Tidak sampai di situ saja. Setelah beberapa dekade berada di tangan pihak lain, Blok Migas Mahakam, Blok Migas Sanga-Sanga, Blok Migas Rokan, dan mayoritas saham Freeport kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi yang sebesar-besarnya digunakan bagi kemakmuran rakyat," ujarnya.

Selain itu, Presiden menuturkan bahwa kita harus tegas untuk menjaga NKRI, meneguhkan ikrar Bhinneka Tunggal Ika, mencegah dan memberantas terorisme sampai ke akar-akarnya. Presiden mengatakanperan ulama, tokoh masyarakat, pendidik, organisasi-organisasi keagamaan, organisasi-organisasi kemasyarakatan dan keluarga harus terus didukung untuk menghadang paparan ajaran radikal kepada generasi muda Indonesia.

"Kita dukung sinergi Kepolisian, TNI, BIN, BNPT, dan seluruh elemen bangsa Indonesia dalam mencegah dan melawan terorisme," katanya.

Untuk itu, pemerintah akan terus memastikan stabilitas keamanan, termasuk dengan alutsista yang lebih modern serta meningkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesejahteraan TNI dan Polri. Sebagai negara yang besar, Presiden menyebutkan bahwa kita harus melindungi kedaulatan negara dengan membangun sistem pertahanan yang modern dan TNI yang profesional.

"Reformasi Polri terus kita lanjutkan untuk meningkatkan kepercayaan publik pada Polri. Aspek kesejahteraan prajurit TNI dan anggota Polri secara bertahap kita tingkatkan sebagai upaya mendukung kinerja TNI dan Polri," tandasnya. (Setkab)

Jokowi Tekankan Partisipasi Aktif Lembaga Negara Majukan Bangsa

Posted: 16 Aug 2018 01:35 PM PDT

Jokowi Tekankan Partisipasi Aktif Lembaga Negara Majukan BangsaJAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya partisipasi aktif lembaga-lembaga negara dalam mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD-RI, Jakarta, Kamis (16/8).

Oleh karena itu, Kepala Negara mengapresiasi segala bentuk pencapaian yang diperoleh lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas konstitusionalnya selama satu tahun terakhir.

Salah satunya keberhasilan MPR yang terus berusaha untuk berperan sebagai rumah aspirasi bersama, rumah kebangsaan, serta pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat.

"MPR telah membentuk Panitia Ad Hoc (PAH) yang diberi tugas untuk mempersiapkan materi tentang reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional serta Penyempurnaan Sistem Ketatanegaraan di negara kita," ujar Presiden.

Selain itu, DPR juga terus memantapkan konsolidasi kelembagaan melalui peningkatan kualitas pelaksanaan segenap tugas konstitusional, fungsi legislasi, dan fungsi pengawasannya. Pada bulan Juli tahun 2018 misalnya, DPR sukses menjadi tuan rumah kerja sama parlemen Indonesia dengan negara-negara di Pasifik atau Indonesia-Pacific Parliamentary Partnerships.

"Kemudian, Grup Kerja Sama Bilateral yang dibentuk beberapa tahun yang lalu telah berkembang dengan pembentukan dua kerja sama baru, yaitu dengan parlemen negara sahabat Republik Ceko dan Parlemen Uni Eropa," ungkap Presiden.

Sebagai lembaga representasi daerah, DPD RI juga terus memantapkan peran konstitusionalnya dalam menjalankan tugas legislasi, pertimbangan, serta pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang mengenai otonomi daerah dan hubungan pusat dengan daerah.

Antara lain mendukung pemanfaatan sumber daya energi terbarukan dan pengelolaannya secara berkelanjutan serta Kebijakan Desentralisasi Fiskal yang berkeadilan dan mendorong kemandirian daerah.

"Sepanjang tahun 2018, DPD berperan penting dalam pengawasan kebijakan Moratorium Pemekaran Daerah, Pilkada Serentak, Manajemen Kependudukan, Evaluasi Pelaksanaan Otonomi Khusus, Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji, serta Regulasi Profesi Guru dan Kesejahteraannya," ucap Presiden.

Sementara itu, dalam mengawal pengelolaan dan peningkatan kualitas pertanggungjawaban keuangan negara, BPK melalui berbagai rekomendasi serta sejumlah dukungan lainnya telah berhasil memastikan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP bagi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan sebagian besar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2017.

Bahkan di tahun 2018, BPK juga berinisiatif memberikan perhatian khusus pada suksesnya pengelolaan Dana Desa yang menyerap porsi cukup besar dari anggaran pemerintah.

"Tidak kalah penting, BPK juga melanjutkan komitmennya untuk ikut mendukung pengelolaan kinerja keuangan internasional, aktif dalam berbagai Kongres Asosiasi Badan Pemeriksa Keuangan Sedunia atau INTOSAI, dan telah mengkoordinir persiapan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals 2030 yang telah ditetapkan oleh PBB," ujar Jokowi.

Mahkamah Agung pun terus berinovasi dalam rangka meningkatkan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh keadilan dan layanan publik, seperti penerbitan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik.

Di sisi lain, Mahkamah Konstitusi terus bekerja keras dalam menegaskan peran dan kontribusinya pada penguatan rule of law, konstitusionalisme, dan penerapan prinsip berdemokrasi di negara Indonesia.

    "Sebagai wujud nyatanya, sampai dengan Juli 2018, MK sudah menerima 63 perkara. Secara keseluruhan, pada tahun 2018 ini MK telah memutus dan mengadili sebanyak 112 perkara yang menjadi perhatian publik," ucap Presiden.

Tak lupa, Presiden juga mengapresiasi upaya Komisi Yudisial dalam meningkatkan akuntabilitas peradilan melalui penegakan kehormatan dan pemeliharaan keluhuran martabat hakim.

"Selama tahun 2018, KY telah merekomendasikan penjatuhan sanksi kepada 30 hakim. KY juga telah memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan pemantapan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim bagi 117 hakim," ungkap Presiden.

Atas segala pencapaian tersebut, Presiden yakin, Indonesia akan mampu melewati semua tantangan dan rintangan di masa depan. Apalagi semangat persatuan, kebersamaan, dan teladan dari lembaga-lembaga negara akan mampu menggerakan rakyat untuk ikut serta melangkah menuju Indonesia maju yang gemilang.

"Saya yakin, dengan kerja nyata kita bersama, kita mampu meraih prestasi bangsa. Kerja kita, prestasi bangsa," ucap Presiden. (Setkab)

Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Minta Rakyat Indonesia Lanjutkan Perjuangan

Posted: 16 Aug 2018 01:31 PM PDT

Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Minta Rakyat Indonesia Lanjutkan PerjuanganJAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) tahun 2018 yang digelar di Gedung Nusantara, Komplek MPR/DPR/DPD-RI, Senayan, Jakarta pada , Kamis (16/8).

Dalam pidatonya, Kepala Negara mengajak seluruh rakyat Indonesia melanjutkan semangat para pejuang kemerdekaan untuk bekerja nyata mengisi dan memenuhi janji-janji kemedekaan.

"Saya mengajak seluruh anak-anak bangsa, baik yang hadir di ruangan ini ataupun di mana pun Saudara-saudara berada untuk kembali pada semangat persatuan Indonesia, kembali pada semangat kepedulian dan berbagi pada sesama anak bangsa tanpa membeda-bedakan asal usul suku, agama, ataupun golongan," ujar Presiden.

Melalui forum tersebut, Presiden juga berupaya menghadirkan kembali kepercayaan dan dukungan rakyat terhadap lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas konstitusional yang diembannya.

"Kita harus memaknai kritik dari rakyat kepada lembaga-lembaga negara sebagai wujud kepedulian sekaligus harapan rakyat agar kita bekerja lebih keras lagi memenuhi harapan rakyat tersebut," ungkap Presiden.

Menurut Presiden, selama hampir empat tahun berjalan, pemerintahannya terus berjuang memulihkan kepercayaan rakyat melalui kerja nyata membangun Tanah Air secara merata dan berkeadilan. Salah satunya membangun fondasi yang kokoh, yang fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur serta peningkatan produktivitas dan daya saing bangsa.

"Percepatan pembangunan infrastruktur bukan hanya dimaksud untuk mengejar ketertinggalan kita dalam pembangunan infrastruktur dibanding dengan negara-negara lain, melainkan juga menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru yang mampu memberikan nilai tambah bagi daerah-daerah di seluruh penjuru Tanah Air," ucap Presiden.

Selain itu, membangun mental dan karakter bangsa juga menjadi fokus pemerintah dalam mewujudkan cita-cita Indonesia maju yang gemilang. Apalagi sebagai negara dengan jumlah penduduk hampir 260 juta jiwa, masa depan Indonesia terletak pada kemampuan pemerintah untuk mempersiapkan manusia Indonesia yang maju dan unggul.

"Membangun manusia Indonesia adalah investasi kita untuk menghadapi masa depan, untuk melapangkan jalan menuju Indonesia maju," kata Presiden.

Komitmen tersebut diwujudkan pemerintah melalui pemerataan akses dan kualitas pendidikan bagi setiap anak Indonesia. Mulai dari pembagian Kartu Indonesia Pintar yang pada tahun 2017 sudah mencapai lebih dari 20 juta peserta didik, serta perluasan penyaluran program beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa.

"Kita juga tidak melupakan untuk membangun manusia Indonesia yang sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," ucap Presiden.

Sedangkan untuk perlindungan sosial bagi warga yang tidak mampu, pemerintah meningkatkan secara bertahap Penerima Bantuan Iuran JKN dari 86,4 juta jiwa di tahun 2014 menjadi 92,4 juta jiwa pada Mei 2018. Program tersebut berhasil meningkatkan kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam empat tahun terakhir yang terus membaik.

"Indeks Pembangunan Manusia meningkat dari 68,90 di tahun 2014 menjadi 70,81 di tahun 2017. Dengan hasil itu, Negara kita sudah masuk ke kategori High Human Development," ungkap Presiden.

Di sisi lain, pemerintah terus mendorong pendidikan tinggi untuk melakukan terobosan-terobosan sehingga lulusan perguruan tinggi bisa lebih adaptif di era Revolusi Industri 4.0. Penurunan tarif pajak final UMKM menjadi 0,5 persen serta penajaman KUR yang bisa dinikmati 12,3 juta UMKM turut menjadi langkah yang diambil pemerintah untuk mendorong perkembangan usaha UMKM, menciptakan, dan membuka lapangan kerja baru

"Alhamdulillah, dengan kerja bersama, tingkat  pengangguran terbuka semakin menurun dari 5,70 persen menjadi 5,13 persen."

Pemerintah juga bekerja keras menjaga stabilitas harga bahan-bahan pokok, menyalurkan Program Keluarga Harapan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat, serta mereformasi sistem bantuan pangan menjadi program bantuan non tunai, agar lebih tepat sasaran, dan meningkatkan cakupannya menjadi 15,6 juta penerima manfaat pada tahun 2019 mendatang.

"Dengan kerja nyata, Rasio Gini sebagai indikator ketimpangan pendapatan terus kita turunkan, yang saat ini berhasil kita turunkan dari 0,406 menjadi 0,389," ujar Presiden. (Setkab)

Jokowi Kukuhkan 68 Anggota Paskibraka di Istana Negara

Posted: 16 Aug 2018 12:59 PM PDT

Jokowi Kukuhkan 68 Anggota Paskibraka di Istana NegaraJAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengukuhkan 68 pelajar SMA menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Rabu (15/8). Anggota Paskibraka tersebut merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.

Anggota Paskibraka yang baru dikukuhkan tersebut akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018 mendatang di halaman Istana Merdeka.

Presiden Joko Widodo dalam upacara pengukuhan ini bertindak sebagai pembina upacara di mana Nur Hikmah Ramadhani, anggota Paskibraka 2018 dari Provinsi Aceh, memimpin jalannya upacara. Hikmah mewakili rekan-rekannya untuk memegang bendera merah putih saat pengucapan ikrar Putra Indonesia.

Setelahnya, Presiden Joko Widodo membacakan pernyataan pengukuhan para pelajar tersebut sebagai anggota Paskibraka. Dirinya mendoakan agar mereka dapat mengemban tugasnya dengan baik saat pelaksanaan nanti.

"Dengan memohon rida Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan Saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2018. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara," ujar Presiden.

Sebagai tanda pengukuhan secara simbolis, Presiden kemudian menyematkan lencana dan memasang kendit kepada pemimpin upacara. (Setkab)

Adapun nama-nama anggota Paskibraka yang dikukuhkan langsung oleh Presiden Joko Widodo ialah:
  1.     Ralian Septiandi Bekuh (Aceh)
  2.     Nur Hikmah Ramadhani (Aceh)
  3.     Lucas Alexeindre Siburian (Sumatera Utara)
  4.     Suci Izdihar Hulwa (Sumatra Utara)
  5.     Farhan Nasani (Sumatra Barat)
  6.     Al-Maratul Hamidah (Sumatra Barat)
  7.     Aditya Firdika (Riau)
  8.     Fira Amalianda (Riau)
  9.     Diko Rio Pradana (Kepulauan Riau)
  10.     Nashita Agni Khalida (Kepulauan Riau)
  11.     Dendi Panriadi (Jambi)
  12.     Rahmadeni Putri Haimda (Jambi)
  13.     Danu Muhamad Pradika (Sumatra Selatan)
  14.     Zanati Tahta Umahati (Sumatra Selatan)
  15.     Pandu Farhan Pangestu (Kep. Babel)
  16.     Siti Sabila Anandita (Kep. Babel)
  17.     Babogi Ikalawang (Bengkulu)
  18.     Anggita Puput Pramugita (Bengkulu)
  19.     M. Genta Lambang (Lampung)
  20.     Rafika Sherli Anjeli (Lampung)
  21.     Joddi Mursin Putra Elman (DKI Jakarta)
  22.     Jessenia Sarah Aurelia (DKI Jakarta)
  23.     Ahmad Syahrul Mukarom (Jawa Barat)
  24.     Tarrisa Maharani Dewi (Jawa Barat)
  25.     Muhamad Ari Setiawan (Banten)
  26.     Safira Amanda Prasanti (Banten)
  27.     Muhammad Rajif Maulana (Jawa Tengah)
  28.     Wina Aulia Attarizki (Jawa Tengah)
  29.     Muhammad Widya Hudiya Wijaya (DI Yogyakarta)
  30.     Nyimas Ayu Dhivangga Syahputri (DI Yogyakarta)
  31.     Ananda Micola (Jawa Timur)
  32.     Nina Adiningtyas Sriwigati (Jawa Timur)
  33.     Sang Putu Hendra Adi (Bali)
  34.     Ni Putu Sukma Dewi Widiyanti (Bali)
  35.     Muhammad Ihlas Sul Imam (NTB)
  36.     Shalsabila Lestari Putri Suteja (NTB)
  37.     Bobo Nowo (NTT)
  38.     Maria Yunita Jesuita (NTT)
  39.     Nur Muhammad Akbar (Kalimantan Utara)
  40.     Viorina Angelica Hendrawan (Kalimantan Utara)
  41.     Muhammad Irfan (Kalimantan Barat)
  42.     Alda Ananda Putri (Kalimantan Barat)
  43.     Aryo Ronggo Saputro (Kalimantan Tengah)
  44.     Liliy Alvia (Kalimantan Tengah)
  45.     Dyka Ade Susilo (Kalimantan Selatan)
  46.     Zalfa Tsabita Erzanda (Kalimantan Selatan)
  47.     Aditya Yoga Mulyawan (Kalimantan Timur)
  48.     Meiti Adella Panggabean (Kalimantan Timur)
  49.     Zefanya Otniel Frans Rompis (Sulawesi Utara)
  50.     Ribka Yuliana Syaloom Owu (Sulawesi Utara)
  51.     M. Riyan Dwi Putra (Sulawesi Barat)
  52.     Reskindar Tonapa (Sulawesi Barat)
  53.     Ahmad Nur Alamsyah Sempo (Sulawesi Tengah)
  54.     Reskiana Sapana (Sulawesi Tengah)
  55.     Muhammad Rezkyawan Ridwan (Sulawesi Tenggara)
  56.     Tarisya Ramdhani Tawakal (Sulawesi Tenggara)
  57.     Ikhsanul Hidayat (Sulawesi Selatan)
  58.     Sharfinah Dian Asyizah (Sulawesi Selatan)
  59.     Mohamad Ikbal Machmud (Gorontalo)
  60.     Tiara Syahla Mustafa (Gorontalo)
  61.     Hamzah Abdulah Let-Let (Maluku)
  62.     Brigita Stelanny Latumenten (Maluku)
  63.     Rudi Bobangu (Maluku Utara)
  64.     Intan Fhadillah M. Siradjuddin (Maluku Utara)
  65.     Nikanor Yafed Malakabu (Papua Barat)
  66.     Maimuna Yuni A Ramar (Papua Barat)
  67.     Gidion Soleman Nusi (Papua)
  68.     Arfanita Gabriela Tokoro (Papua) 

Petrus Fatlolon Harap Para Pejabat Berikan Perubahan pada Unit Kerja

Posted: 16 Aug 2018 12:56 PM PDT

Petrus Fatlolon Harap Para Pejabat Berikan Perubahan pada Unit KerjaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Para pejabat struktural yang baru dilantik di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku dihimbau mampu memberikan perubahan pada unit kerja masing –masing.

"saya mengharapkan supaya dengan adanyan rotasi jabatan yang ada di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), mampu mendorong kinerja masing-masing SKPD. Karena sesuai dengan penilaian oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara kita masih mendapat point yang terlalu rendah dibanding dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Maluku, karena itu bapak/ibu yang baru dilantik saat ini mampu melakukan perubahan di SKPD masing-masing." harap Bupati ketika melantik 48 pejabat eselon III & IV di Ruang Rapat, Kantor Bupati Maluku Tenggara Barat pada Rabu (8/8).

Selain 48 pejabat strukural eselon III dan IV, Bupati juga memberikan surat tugas kepada Paulus Arnold Sabono, AP selaku Pelaksana Tugas Inspektorat Daerah, selain jabatannya sebagai Kepala Bagian Perekonomian, Kesejahteraan Rakyat dan Sosial Setda Maluku Tenggara Barat.

Plt. Inspektur dihimbau agar memperioritaskan rencana aksi seluruh kepala daerah se-provinsi Maluku yang komitmen melakukan perbaikan, baik aspek pembenahan birokrasi, terkait pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan, sebagaimana yang telah ditandatangani  beberapa bulan lalu di Ambon.

"saya harap supaya pelaksanaan tugas yang baru mampu untuk melakukan perubahan di Inspektorat, banyak pekerjaan di inspektorat daerah yang belum tuntas, ada beberap memo resmi dari Bupati yang sampai saat ini belum terlaksana, harap supaya secara bertahap dapat menuntaskan pekerjaan-pekerjaan dimaksud." lanjut Bupati.

Bupati juga meminta plt. inspektorat daerah agar dalam waktu dekat dapat merekrut staf di berbagai SKPD yang dianggap berkompetensi untuk memperkuat inspektorat, khususnya dalam kapasitas birokrasi tersebut agar benar-benar mampu melaksanakan tugas pada lembaga yang akan dipimpinnya. (DiskominfoMTB)

Jokowi dan Iriana Saksikan Olah Masak Juara Lomba Masak Ikan Nusantara

Posted: 16 Aug 2018 12:45 PM PDT

Jokowi dan Iriana Saksikan Olah Masak Juara Lomba Masak Ikan Nusantara 2018JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan para juara Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) 2018 beraksi. Sebanyak 10 pemenang dan finalis lomba ini memamerkan keahliannya di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/8),.

Hal ini dilakukan Presiden selepas mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara.

Sambil berjalan, Presiden Jokowi yang mengenakan setelan jas lengkap dengan peci hitam sempat berbincang singkat dengan para peserta, termasuk juara II lomba LMIN asal Kota Ambon, Provinsi Maluku Sintje Toumahouw yang menunjukkan hasil olahannya.

Toumahouw juga hadir bersama Juara I LMIN 2018 Putri Ayu Martha Tilaar asal Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), juara III Wolter Mamuli asal Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan juara favorit Nursila asal Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Sementara para finalis lainnya adalah Agsyela Siahaya asal Kota Ambon, Ali Muchsin asal Kabupaten Lamongan, Baiq Anita Damayanti asal Kota Mataram, Dede Rizal Pratama asal Kota Bandar Lampung, Mulia Santi asal Kota Bandar Lampung, dan Refny Grace asal Kota Bitung. Di hadapan Kepala Negara, para juara dan finalis ini memasak resep andalannya, sama seperti yang mereka hidangkan saat berlomba.

Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani menjelaskan LMIN 2018 diselenggarakan dalam rangka perayaan 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Sebelumnya, Kantor Staf Presiden bersama Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Pariwisata telah mengadakan audisi dan road show LMIN ini di enam kota/kabupaten di Indonesia yakni Kota Bitung, Kota Ambon, Kota Mataram, Kabupaten Lamongan, Kota Pontianak, dan Kota Bandar Lampung.

Jaleswari mengatakan ada dua tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini, yaitu merangsang tumbuhnya makanan berbahan laut lainnya yang menambah keragaman kuliner Indonesia, serta menjadi gerakan kultural untuk menyosialisasikan kebiasaan makan ikan bersama masyarakat Indonesia.

"Ini adalah sebetulnya arahan dari Presiden karena Presiden melihat dari hasil kunjungan kerja ke kawasan timur Indonesia banyak ibu-ibu hamil yang kurang asupan gizi dan protein. Apalagi ironisnya kita negara maritim. Kenapa ikan yang berlimpah itu tidak bisa dioptimalkan," kata Jaleswari.

Lomba Masak Ikan Nusantara 2018 ini sendiri adalah yang kedua kalinya dilaksanakan setelah sebelumnya acara serupa digelar tahun 2017. Jaleswari menuturkan LMIN 2018 diikuti oleh 75 orang yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Lomba dimulai dari masing-masing Pemda yang menyelenggarakan di daerahnya, kemudian dari yang terbaik dibawa untuk memasak di Bandar Djakarta. (Setkab)

Christian Tehuteru Temui Tokoh Masyarakat di Kecamatan Haruku

Posted: 16 Aug 2018 12:13 PM PDT

Christian Tehuteru Temui Tokoh Masyarakat di Kecamatan HarukuHARUKU, LELEMUKU.COM - Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel Inf Christian K. Tehuteru bertatap muka dengan para tokoh masyarakat, para Raja, Saniri, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan aparat pemerintah daerah di Kantor Kecamatan Haruku, Selasa (7/8).

Dalam pengarahannya, Danrem memberikan masukan kepada para tokoh masyarakat tersebut tentang mekanisme penyelesaian permasalahan antar negeri dalam rangka bersatunya negeri-negeri di Pulau Haruku yang mendukung terwujudnya generasi muda yang lebih berkualitas.

"Jika ada suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat, jangan terlalu cepat untuk mengangkat parang. Tetapi hendaknya kita mengedepankan komunikasi antar pejabat negeri untuk mencari kebenaran dari fakta yang ada, sehingga dapat memutuskan langkah penyelesaian yang tepat. Jangan sampai mengorbankan masyarakat, hanya untuk membela satu orang yang ternyata bersalah." ucap Danrem.

Ada 2 cara penyelesaian yang bisa diterapkan. Yang pertama adalah dengan cara kejeluargaan dengan mengedepankan aturan negeri, serta kesepakatan-kesepakatan antar negeri dan penerapan sanksi adat secara nyata. Yang kedua yaitu apabila penyelesaian secara kekeluargaan mengalami jalan buntu, maka dilakukan penyelesaian secara hukum dengan melaporkan kepada kepolisian.

Bila mekanisme penyelesaian permasalahan ini berjalan dengan baik, maka konflik antar negeri dapat dihilangkan dan dengan demikian akan berpengaruh terhadap perkembangan generasi muda. Mereka akan lebih fokus dalam menuntut ilmu, mereka tidak perlu menyaksikan kekerasan dan dapat tumbuh sebagi pemuda pemudi Maluku yang berkarakter.

Generasi muda Maluku, khususnya di Haruku harus mendapatkan wawasan yang luas tentang kehidupan nyata yang akan mereka hadapi di dunia ini, sehingga mereka bisa berkembang dan nantinya bisa bersaing dengan pemuda lainnya. Oleh karena itu Guru-guru di sekolah dan para orang tua harus bekerjasama dalam mendidik anak-anak di sekolah dan di rumah. Lembaga pendidikan juga dapat bekerjasama dengan instansi lain untuk dapat memberi wawasan kepada anak didik seperti dengan TNI/Polri, Dinas-dinas di Pemda dll. Dengan wawasan yang luas maka generasi muda dapat memilih dan meraih cita-cita setinggi-tingginya serta nantinya berperan bukan hanya di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional dan internasional.

"Mari kita sama-sama menjaga anak kita agar lebih cerdas, mau maju dan keluar dari pemikiran-pemikiran sempit. Kita mau anak-anak kita menjadi orang yang dapat berguna dan bermanfaat bagi orang banyak seperti yang dicontohkan oleh para tokoh Maluku pendahulu kita sejak jaman kemerdekaan", pungkas Danrem.

Selain memberikan pengarahan kepada para Tokoh Masyarakat, Danrempun memberikan kesempatan untuk berdialog. Hadir dalam acara tersebut Dandim 1504/Ambon, letkol Inf Fendry, Danyonif 711/Raksatama, Letkol Inf Fanny Pantouw, Danramil Haruku, Lettu Inf Herman, wakapolsek Haruku, Para Danpos Satgas Pamrahwan Yonif 711/Rks, Paurpenrem, Lettu Inf Sumpena, Para Raja Pulau Haruku, Saniri, tokoh pemuda, dan aparat pemerintahan kecamatan Haruku. (Penrem151)

Karya Bhakti TNI, Polri dan Masyarakat Dalam Rangka HUT RI

Posted: 16 Aug 2018 12:07 PM PDT

Karya Bhakti TNI, Polri dan Masyarakat Dalam Rangka HUT RIAMBON, LELEMUKU.COM - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 ratusan angota TNI-Polri bersama segenap masyarakat melaksanakan karya bhakti bertempat di sepanjang pantai teluk Ambon, Kota Ambon, Rabu (15/08).

Ratusan personel bersama masyarakat saling bahu-membahu dengan semangat mengumpulkan satu persatu sampah di kawasan sepanjang teluk Ambon hal ini di tunjukan oleh anggota Korem 151/Binaiya yang turut berpatisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan karya bhakti yang bertemakan "Peduli Lingkungan Revitalisasi Pantai Teluk Pantai Ambon Katong Cinta Maluku", yang bertujuan menjaga kelestarian, keindahan dan kebersihan pantai yang merupakan salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun manca negara.

Kegiatan tersebut di bagi menjadi tujuh sektor yakni star dari SPBU Samping Koramil Sirimau sampai Pasar Ikan Arumbai, yang ke dua, star dari RS Siloam sampai Puskesmas Hative Kecil, yang ke tiga dari Bank Mandiri Mardika sampai Terminal Ongko liong, ke empat Gereja santo Yoseph Rumah Tiga sampai Belakang Pasar Rumah,
ke lima Air Salobar sampai Pusat Rujak Tapal Kuda Liong, ke enam Lapangan Polda Tantui Sampai Masjid Kapaha dan yang ke tujuh Patung Leimena sampai PLTD Poka.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk perhatian bagi masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah ke laut dan seputaran pinggiran pantai, karena akan menimbulkan tumpukan sampah serta terjadinya pencemaran di kawasan pantai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pasiter Korem 151/Bny, Mayor Kav Eko Pujiwardoyo, Danramil 1504-06/Nusaniwe, Kapten Inf Dede Ruhiat, personil TNI 965 orang, dan masyarakat 3.582 orang terdiri dari Dinas perhubungan, Balai BPOM , BPD provinsi, Dinas perikanan dan Siswa- siswi SD, SMP, SMA Kota Ambon. (Penrem151)

Yasin Payapo Teguhkan Pasukan Paskibraka Tingkat Kabupaten SBB

Posted: 16 Aug 2018 11:50 AM PDT

Yasin Payapo Teguhkan Pasukan Paskibraka Tingkat Kabupaten SBB.PIRU, LELEMUKU.COM - Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku Drs. M Yasin Payapo, M.Pd mengukuhan 28 orang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) SBB.

Ke 28 orang siswa-siswi dari berbagai Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Kejuruan (SMK) di SBB ini  akan bertugas pada Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris Daerah Mansur Tuharea, SH, Para Staf Ahli, Para Asisten Setda SBB, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab, Dandim 1502, Kaporles SBB, Kepala Lapas Piru, Kepala Statistik, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten SBB, serta para undangan lainnya. (HumasSBB

Abdul Mukti Keliobas Kukuhkan 26 Siswa SMA Sebagai Paskibraka di SBT

Posted: 16 Aug 2018 11:39 AM PDT

Abdul Mukti Keliobas Kukuhkan 26 Siswa SMA Sebagai Paskibraka di SBTBULA, LELEMUKU.COM – 26 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 15 kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku dikukuhkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten SBT di Gedung Serba Guna Dinas Kesehatan Kab. SBT, Rabu (15/8)

Hadir dalam acara pengukuhan, Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas Wakil Bupati SBT, Pimpinan dan anggota DPRD SBT, Kapolres SBT, Kepala Kejaksaaan Negeri SBT, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Para pembina, Pelatih, pengatur paskibraka dan para orang tua siswa Paskibraka.

Upacara pengukuhan yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ini berlansung khidmat yang dipimpin langsung Bupati Keliobas yang bertindak selaku pembina upcara.

Mengawali sambutannya, Bupati SBT mengucapkan Selamat kepada putra putri yang terpilih menjadi anggota Paskibra di kabupaten Seram Bagian Timur. Ia yakini putra-putri yang terpilih memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai Pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 tanggal 17 Agustus 2018 nanti, akan tetapi mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

"Upacara pengukuhan anggota paskibra yang kita laksanakan semalam pada hakikatnya adalah untuk meletakkan Sang Saka Merah Putih pada tempatnya yang terhormat, sebagaimana dilakukan oleh para Pahlawan dan Pejuang Bangsa yang telah mengorbankan jiwa, raga dan harta benda dalam merebut kemerdekaan yang di Proklamasikan pada tanggal 17 agustus 1945".

Bupati berharap anggota paskibra mampu menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa, apa yang akan dilakukan nanti pada tanggal 17 agustus 2018 adalah sebagai sejarah penting yang akan menghiasi hari hari kedepan, menjadi sejarah dan menjadi pintu gerbang kesuksesan untuk terus tumbuh menjadi putra putri terbaik Indonesia khususnya Ita Wotu Nusa.

"Terima kasih kepada para pembina dan pelatih yang dengan segala usaha dan penuh kesabaran membina dan melatih anggota paskibra hingga sampai pada pengukuhan. Tak lupa juga beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam moment hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 ini," imbuh Keliobas. (HumasSBT)

Beni Asman Pimpin Upacara Taptu dan Pawai Obor di MTB

Posted: 16 Aug 2018 09:42 AM PDT

Beni Asman Pimpin Upacara Taptu dan Pawai Obor di MTBSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Sambut hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73 pada 17 Agustus 2018, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku menggelar upacara penetapan waktu (taptu) di Lapangan Upacara Mandriak,  Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) pada Kamis (16/8) pukul 19.00 WIT.

Upacara yang dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanter (Danyonif) 734/ Satria Nusa Samudra (SNS), Letnan Kolonel (Letkol) Inf Beni Asman, S.Sos ini dihadiri oleh Bupati MTB, Petrus Fatlolon, SH, MH, Kapolres AKBP Raymundus Andhi Hedianto, S.IK, Dandim 1507/Saumlaki Letkol Rahmad Saerodin, S.IP., Ketua DPRD Frengky Limber, SE., Danlanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr. Hanla, Dansatradar 245/Nifmasbulur, Letkol (Lek) Gatot Waseso, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Saumlaki Frenkie Son Laku, SH, M.Hum.

Hadir pula Wakapolres Kompol Lodivicus Tethol, SH, MH, Sekretaris Daerah Piterson Rangkoratat, SH, Asisten Bidang Pemerintahan Yohanis Batseran, S.Sos, Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan dr.Edwin Tomasoa, Asisten Bidang Administrasi Umum Rynhard Salmart Matatula, SP, M.Si, para pimpinan SKPD Pemda, Perwira TNI/POLRI dan peserta upacara yang terdiri dari  anggota dari satuan Kodim 1507/Saumlaki, Polres MTB, Brimob Kompi Saumlaki , Yonif 734/SNS, Lanal Saumlaki, Satrad 245/Nifmasbulur, Satpol PP dan Pramuka.

Beni Asman Pimpin Upacara Taptu dan Pawai Obor di MTB
Upacara yang dikomandani, Dankiban Yonif 734/SNS, Lettu Inf Majo S.Sangaji ini kemudian dilanjutkan dengan pembakaran obor oleh Inspektur Upacara, Danyonif SNS dan kemudian dilanjutkan dengan pembakaran obor oleh masing-masing komandan pasukan dan secara masal.

Upacara  kemudian diakhiri dengan pelepasan peserta pawai obor yang melewati beberapa rute diantaranya dari depan Lapangan Mandriak melewati sepanjang jalan Mathilda Batlayeri, kemudian belok kanan Toko Keagungan melewati perempatan Pos Perhubungan menuju Pelabuhan Umum dan belok kanan Pos KP3 menuju lokasi Pelabuhan Feri sebagai titik akhir.

Rangkaian kegiatan ini berakhir pada pukul 20.15.WIT dalam keadaan aman, tertib dan lancar. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanakan Upacara Renungan Suci yang berlokasi di Taman Makam Pahlawan, Desa Lauran, Tansel pada pukul 00.00.WIT. (Laura Sobuber)
Share 2 WA Share 2 G+