Bernadus Benu Beri Basos ke LKSA Bhakti Luhur Alma Sikumana

Bernadus Benu Beri Basos ke LKSA Bhakti Luhur Alma Sikumana


Bernadus Benu Beri Basos ke LKSA Bhakti Luhur Alma Sikumana

Posted: 30 Jul 2018 06:17 PM PDT

Bernadus Benu Beri Basos ke LKSA Bhakti Luhur Alma SikumanaSIKUMANA, LELEMUKU.COM - Penyerahan Bantuan Sosial kepada anak - anak penyandang disabilitas,  anak yatim, lanjut usia terlantar oleh Sekertaris Kota (Sekot) Kupang Bernadus Benu, SH, M. Hum di LKSA Bhakti Luhur Alma Kelurahan Sikumana, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Kamis (26/7). 

Sebanyak 126 orang terlibat dalam kegiatan sosial ini. Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Drs. Felisberto Amaral mengatakan tujuan dari kegiatan sosial ini agar tersedianya bahan makanan bagi anak yatim dan anak cacat dalam asrama, dan untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam dan luar asrama. 

Sementara itu Sekot Kupang mengatakan atas nama Pemerintah Kota Kupang mengucapkan banyak terima kasih kepada LKSA Bhakti Luhur yang sudah mau menampung anak - anak penyandang disabilitas,  anak yatim, lanjut usia terlantar  ini, bantuan ini hanya sebagian kecil dari Pemerintah Kota tapi dari adanya bantuan diharapakan dapat memenuhi kebutuhan sehari - hari penghuni asrama ini. (HumasKotaKupang)

Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi Resmi Pimpin NTT

Posted: 30 Jul 2018 06:13 PM PDT

Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi Resmi Pimpin NTTKUPANG, LELEMUKU.COM - Duet Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi ditetapkan menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2019-2024. 

Keduanya ditetapkan menjadi pemenang Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTT 2018 oleh KPU NTT dalam rapat pleno di Swiss Belinn Kristal Kupang, Selasa (24/7) malam.

KPU NTT menggelar rapat pleno penetapan setelah mendapat surat rekomedasi dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menerangkan bahwa Pilgub NTT tanpa gugatan dari pasangan calon lain.

Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, dalam rapat pleno penetapan menegaskan, KPU NTT baru menerima surat rekomendasi tertulis penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

"Dalam surat rekomendasi MK kepada KPU RI tidak ada gugatan sengketa pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT tahun 2018, sehingga kami langsung melakukan penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih malam ini. Karena waktu yang diberikan untuk tingkat provinsi hanya satu hari, sehingga kami langsung melakukan rapat pleno terbuka," tegasnya.

Rapat pleno terbuka penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih malam ini,  kata Maryanti,  merupakan rapat pleno terakhir yang diselenggarakan KPU NTT untuk tahapan Pilgub.

"Pelantikan gubernur terpilih bukan lagi kewenangan kami, pelantikan adalah kewenangam pemerintah. Karena itu dari tempat ini kami mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada pasangan calon dan tim pemenangan serta jajaran penyelenggara dan pengawas serta seluruh masyarakat NTT yang sudah berpartisipasi dalam proses pilgub, serta pengamanan dari seluruh instansi terkait, terlebih Polri dan TNI sehingga berjalan dengan aman dan lancar sampai malam ini,"  kata Maryanti.

Maryanti juga menyampaikan, KPU saat ini sedang melakukan tahapan perbaikan bakal calon DPD NTT dan juga bakal calon legislatif  DPRD Provinsi NTT. "Kami juga mohon dukungan dari seluruh pengurus partai politik agar seluruh proses berjalan dengan aman dan lancar," pinta Maryanti. (KPUNTT)

KONI NTT Gelar Penataran Pelatihan Pemula

Posted: 30 Jul 2018 06:11 PM PDT

KONI NTT Gelar Penataran Pelatihan PemulaKUPANG, LELEMUKU.COM - Guna meningkatkan kuantitas dan kualitas pelatih pemula di Nusa Tenggara Timur, Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia bekerja sama dengan KONI Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Penataran Pelatih Pemula Se – Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Hotel Swiss Bellin Kupang, Sabtu (28/7). 

Kegiatan ini melibatkan 500 peserta pelatih pemula se – NTT. Hadir pada kesempatan tersebut Deputi Peningkatan Prestasi Kemenpora, Ketua KONI NTT, Wali Kota Kupang, serta para undangan lainnya.

Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH pada kesempatan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah mau menyelenggarakan kegiatan seperti ini, ini artinya ada perhatian penuh untuk pengembangan olah raga di NTT. 

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan untuk menjadi pelatih yang baik pelatih harus bisa memberikan motivasi kepada atlet – atletnya dan harus mempunyai teknik – teknik dasar untuk para atletnya agar dapat memenangkan sebuah pertandingan.

Lebih lanjut Wali Kota berharap kedepanya Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia tidak hanya menggelar menggelar kegiatan seperti ini, tetapi harus membantu dengan memberikan fasilitas olah raga. Dengan di gelarnya kegiatan ini Wali Kota berharap para pelatih ini menjadi pelatih yang profesional sehingga ke depannya dapat menghasilkan atlet – atlet yang luar biasa dan mampu mengaharumkan nama daerah di even Nasional. (HumasKotaKupang)

Kodim Masohi Berhasil Bujuk Suku Mausu Ane Agar Direlokasi

Posted: 30 Jul 2018 05:18 PM PDT

Kodim Masohi Berhasil Bujuk Suku Mausu Ane Agar DirelokasiMASOHI, LELEMUKU.COM - Dandim 1502/masohi selaku Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane, Letkol Inf Hari Sandhi menuturkan pihaknya telah berhasil membujuk sebanyak 113 orang dari 170 orang masyarakat suku tersebut dan kemungkinan akan terus bertambah untuk mau di relokasi.

Satgas Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane  ini pada Jumat (27/7) menyatakan  rencananya akan merelokasi ratusan warga suku Mausu Ane yang mendiami pedalaman Pulau Seram di wilayah pegunungan Morkele ketempat yang lebih aman dan mudah untuk dijangkau.

"Rencana relokasi ratusan warga suku terasing itu telah disampaikan kepada Kepala Desa (Raja) Maneo untuk disampaikan kepada warga suku terasing dikarenakan Warga suku Mausu Ane diketahui belum bisa berbahasa Indonesia maupun bahasa Ambon, mereka hidup secara nomaden dan hanya bisa ditemui melalui perantaraan. Alasan Suku Mausu Ane tidak mau meninggalkan tanah-tanah mereka karena mereka  takut  jangan sampai ada pihak lain  yang masuk mengelola tanah mereka," papar Hari Sandhi.

Dikatakan saat ini kondisi masyarakat Suku Mausu Ane jauh lebih baik, kesehatan mereka telah membaik karena mendapat pelayanan kesehatan dari posko Kesehatan Kesdam XVI/Pattimura.

"Masyarakat Suku Mausu Ane telah bersedia untuk direlokasi guna membuat pemukiman yang layak bahkan salah satu dari mereka telah bersedia menghibahkan tanahnya untuk dibuat jalan kampung sebagai akses jalan masuk alat berat nantinya," ujar dia.

Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane juga telah membangun tenda-tenda pengungsian sementara, mendata bantuan-bantuan logistik yang diberikan guna mempermudah penyalurannya, meninjau dan menyiapkan daerah yang nantinya menjadi tempat relokasi, membagi perlalatan masak serta terus memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Suku Mausu Ane. (Pendam16)

Bantuan Kemanusiaan Mabes TNI Untuk Suku Mausu Ane Tiba di Ambon

Posted: 30 Jul 2018 05:18 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM -  Bantuan kemanusiaan dari Mabes TNI telah tiba di Bandar Udara Lanud Pattimura Ambon, pada Sabtu (28/07) pukul 17.50 Wit.

Bantuan dikirimkan dengan pesawat Hercules A1312 yang bertolak dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma yang dibawa oleh tim Satgas Mabes TNI yang dipimpin oleh Dansatgas (Paban V/Bhakti Ster TNI) Kolonel Inf Farid Makruf.

Pesawat Hercules A1312 tiba di Lanud Pattimura Ambon setelah menempuh rute perjalanan Halim-Makassar-Ambon. Kedatangan bantuan kemanusiaan dari Mabes TNI itu disambut langsung oleh Danlantamal IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang dan Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tehuteru.

"Kami datang atas  Perintah Panglima TNI  untuk melaksanakan operasi perkuatan bantuan kemanusiaan yang telah dilakukan oleh  Kodam XVI/Pattimura dengan membawa bantuandan memastikan stok makanan dan obat-obatan sudah terpenuhi sehingga  saudara kita yang ada di wilayah tersebut dalam keadanaan aman dan sehat. Tugas TNI hanya membantu dan memperkuat Pemda setempat," ungkap Dansatgas, Kolonel Inf Farid Makruf,

Pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut mendapatkan dukungan dari tiga matra TNI yaitu Angkatan Darat, Laut dan Udara. Bantuan kemanusiaan tersebut langsung disalurkan lewat jalur darat ke lokasi camp penampungan di Dusun Siahari, Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, dengan menggunakan 6 kendaraan truk dengan rute lintas Pulau Seram (Waipirit-Masohi). Rencananya besok pagi Minggu (29/07) sebagian bantuan dibawa  menggunakan Heli Bell 412 BKO Kodam XVI/Pattimura dari Lanud Pattimura Ambon menuju Lokasi camp penampungan.

Bantuan kemanusiaan yang diberikan berupa beberapa set tenda serba guna, peralatan dapur lapangan, alat makan, bahan makanan, selimut , obat-obatan, pakaian layak pakai, air mineral, terpal, mainan anak dan alat tulis.

Pengiriman bantuan kemanusiaan ini merupakan kesekian kalinya bagi masyarakat Suku Mausu Ane. Bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Mabes TNI ini  menunjukkan bahwa TNI konsisten terhadap permasalahan kemanusiaan, khususnya yang dialami masyarakat Suku Mausu Ane yang berada di Gunung Morkelle, Kecamatan Seram Utara Timur Kab Maluku Tengah. (Pendam16)

Rangkaian Kegiatan Digelar Menyambut HUT Ke-13 Rindam Pattimura

Posted: 30 Jul 2018 05:02 PM PDT

Rangkaian Kegiatan Digelar Menyambut HUT Ke-13 Rindam PattimuraAMBON, LELEMUKU.COM - Guna menyambut HUT  ke 13 Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XVI/ Pattimura yang akan jatuh pada 2 Agustus 2018 mendatang, Rindam XVI/Pattimura menggelar serangkaian kegiatan baik berupa kegiatan Donor darah, Karya Bakti dan perlombaan-perlombaan.

Kegiatan Donor darah dilaksanakan pada Senin (23/07) lalu di Aula Ahmad Yani Makorindam melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Maluku dengan peserta donor terdiri dari 100 orang prajurit organik Rindam XVI/Pattimura. Kegiatan ini diharapkan selain memberi maanfaat bagi kesehatan prajurit itu sendiri akan bermanfaat juga bagi masyarakat yang membutuhkan donor.

Sedangkan untuk kegiatan Karya Bakti dilaksanakan pada hari ini Sabtu (28/07) yang melibatkan masyarakat dan siswa/i SMU juga Madrasah yang ada di sekitar Desa Suli dan Desa Tulehu Kecamatan Salahutu. Kegiatan ini dimaksudkan agar dapat membentuk karakter  masyarakat khususnya bagi siswa/i pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa yang cinta serta perduli akan lingkungan sekitarnya dengan tetap menjaga kebersihan demi terciptanya lingkungan yang  asri sehingga kesehatan masyarakat pun terjamin.

"Saya berharap dua kegiatan tersebut bermanfaat bukan hanya untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya tetapi juga bagi untuk satuan Rindam itu sendiri", ujar Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf. Parlindungan Hutagalung, S.A.P.

Disamping dua kegiatan di atas, juga dilaksanakan pula pertandingan Voly antar Satuan pendidikan (Secata, Secaba, Dodikjur, Dodiklatpur, Dodikbelneg dan Makorindam) dan lomba mengajar antar Guru Militer yang ada di Rindam XVI/Pattimura. (Pendam16)

Bantuan Kemanusiaan Bagi Suku Mausu Ane Tiba dan Dibagikan

Posted: 30 Jul 2018 05:00 PM PDT

Bantuan Kemanusiaan Bagi Suku Mausu Ane Tiba dan DibagikanMOROKAY, LELEMUKU.COM - Bantuan kemanusiaan dari Markas Besar (Mabes)  Tentara Nasional Indonesia (TNI)  bagi Suku Mausu Ane kini sudah didistribusikan ke warga Suku Mausu Ane yang berada di Camp Penampungan yang berada di Dusun Siahari, Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah pada Minggu (29/07).

Bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, tenda dll, sebagian sudah didistribusikan dan diserahkan langsung oleh Dansatgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane (Paban V Ster Mabes TNI) Kolonel Inf Farid kepada perwakilan warga suku Mausu Ane atas nama Yanatoto Boiratan (40) dan  Raja Maneo Nikolas Boiratan (43).

Sesuai laporan dari tim yang mendistribusikan, selain dari Mabes TNI, bantuan kemanusiaan ini juga berasal dari Bantuan Rumah Zakat Bandung, Rumah Zakat Ambon, Badan Amil Zakat Nasional, Dompet Duafa Sulawesi Selatan dan Komunitas Adventure Seram (Kanes).

Sekadar diketahui, stok makanan dan obat-obatan sudah mencukupi untuk membantu 27 KK (126 orang) suku Mausu Ane yang sudah bersedia untuk turun ke camp penampungan. Namun masih memerlukan tambahan obat-obatan dan vitamin.

Selain bantuan kemanusiaan, kedepannya TNI dengan menggandeng dinas-dinas terkait akan berupaya mengadakan sosialisasi terkait cara bercocok tanam, penyuluhan kesehatan dan pengobatan, pengajaran kepada anak-anak tentang pengetahuan baca tulis dan menghitung, sehingga diharapkan mereka dapat mandiri serta hidup tidak nomaden lagi.

"Kami dari Mabes TNI datang untuk memperkuat dan membantu Satuan Komando Kewilayahan setempat dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura yang telah banyak berbuat dengan mendatangkan bantuan, mengajarkan bagaimana cara-cara kebersihan, sikat ggi, mandi dsb yang dilakukan oleh ibu-ibu Persit, mudah-mudahn suku Mausu Ane ini bisa hidup mandiri, hidup bersih dan terpenuhi kebutuhannya" ujar Dansatgas disela wawancaranya dihadapan media.

"Kami mengantarkan makanan dan obat-obatan ini untuk memastikan bantuan dari Panglima TNI sampai dan diterima oleh Suku Mausu Ane ke tangan mereka". Tutur Dansatgas.(Pendam16)

Siap Pecahkan Rekor MURI, Tim Penyelam Wanita dari Kodam dan Polda Latihan

Posted: 30 Jul 2018 04:54 PM PDT

Siap Pecahkan Rekor MURI, Tim Penyelam Wanita dari Kodam dan Polda LatihanAMBON, LELEMUKU.COM - Siapkan diri dari upaya pemecahan Rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) Penyelam Wanita terbanyak dan Pembentangan Bendera terpanjang di pantai Malalayang Manado pada 10 sampai 11 Agustus 2018, gabungan penyelam wanita Kodam XVI/Pattimura dan Polwan Polda Maluku melaksanakan latihan selam dasar, bertempat di pantai Nitanghaha , Morela, Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Sabtu (28/7)
.
Persiapan latihan penyelamanan didampingi oleh Pieter C Manihin selaku Instructor, Kolonel  Mokoginta Sihotang  (Rescue Diver), Kompol Irvan Reza, (Buddy Diver) dan 4 pelatih lainnya.

Bagi penyelam pemula perlu pematangan agar pada saat pelaksanaan pengibaran bendera terpanjang di dasar laut, para penyelam terbiasa saat melakukan pengeseran dari tepi ke tengah pantai sampai dengan dasar laut.

Pengibaran bendera terpanjang di dasar laut bukan persoalan yang mudah, tapi memerlukan keterampilan para penyelam. Oleh karena itu, agar penyelam wanita Kodam XVI/Pattimura dan Polwan Polda Maluku terampil dalam mengibarkan bendera tersebut di laut, maka perlu dilatih. (Pendam16)

Berikan Semangat Atlet Kodam Pattimura, Suko Pranoto Kunjungi Akmil Magelang

Posted: 30 Jul 2018 04:06 PM PDT

 Berikan Semangat Atlet Kodam Pattimura, Suko Pranoto Kunjungi Akmil MagelangMAGELANG, LELEMUKU.COM - Ajang olahraga tahunan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat,  Pekan Olahraga TNI Angkatan Darat (PORAD) 2018 saat ini sedang berlangsung di Akmil, Magelang .

Tentunya kesiapan dan semangat yang tinggi para atlet yang akan berlaga di PORAD pun merupakan penentu keberhasilan dalam meraih prestasi. Untuk menumbuhkan semangat para atlet yang mewakili Kontingen Kodam XVI/Pattimura, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto mengunjungi Akmil Magelang dengan didampingi sejumlah pejabat utama Kodam XVI/Pattimura pada Minggu  (29/7).

Dalam kunjungannya, Pangdam memotivasi para atlet yang sedang mengikuti perlombaan untuk tetap memiliki semangat  juang yang tinggi didalam meraih prestasi yang tentukan akan mengharumkan nama satuan Kodam XVI/Pattimura.

"Saya berterimakasih atas usaha dan kerja keras para atlet slama mengikuti Porad, baik selama Training Center (TC) di semarang untuk uji coba, hingga berlaga, saya yakin atlet Kodam XVI/Ptm sebenarnya sudah memiliki kemampuan yang terbilang cukup mumpuni oleh karena itu kami akan selalu mendukung  sarana prasarana bagi kalian," ujar Pangdam

Selain itu, Pangdam juga berpesan kepada seluruh atlet agar selalu tetap menjaga kondisi kesehatan, karena tidak menutup kemungkinan atlet yang berpotensi diizinkan untuk mengikuti PON, asian games atau event lainnya baik tingkat daerah atau Nasional untuk meningkatkan kemampuan.

"Tingkatkan Semangat bertanding kalian karena olahraga merupakan salah satu sarana meningkatkan rasa nasionalisme dan menanamkan nilai perjuangan", tutup Pangdam. (Pendam16)

Satgas Penanggulangan Bencana Layani Suku Mausu Ane

Posted: 30 Jul 2018 03:43 PM PDT

MOROKAY, LELEMUKU.COM -  Dusun Siahari, Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku merupakan tempat dimana camp penampungan Suku Mausu Ane, suku pedalaman Hutan Seram berada. Camp penampungan yang didirikan oleh Kodam XVI/Pattimura tersebut menampung sekitar 113 jiwa dari 170 jiwa baik Dewasa, anak-anak bahkan lansia. Saat ini bertambah 1 kk menjadi 116 jiwa.

Minggu (29/07) pagi Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane dengan didampingi anggota Persit Kodim 1502/Masohi, membagikan sejumlah pakaian, alat mandi, alat belajar dan selimut kepada masyarakat Suku Mausu Ane. Puluhan anak tertawa gembira saat mereka mendapatkan sejumlah pakaian, alat mandi, alat belajar dan selimut tersebut. Mereka terlihat gembira, belajar, bermain dan ceria.

Bukan hanya anak-anak, orang tua dan lanjut usia yang berada di tempat itu, juga terlihat antusias. Mereka berbaur dan saling menghibur. Para ibu persit Kodim 1502/Masohi, dengan dipimpin oleh Ibu Laode, istri Danramil 1502-05/Wahai juga ikut memperkenalkan alat mandi, cara mandi dan sikat gigi kepada mereka.

Meski kesulitan dalam bahasa dikarenakan masyarakat Suku Mausu Ane yang tidak bisa berbahasa Indonesia bahkan bahasa ambon, anak-anak Suku Mausu Ane tetap bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Sebagai informasi, saat ini ada salah satu masyarakat Suku Mausu Ane atas nama Loaki boiratan (43 tahun)  yang mengalami dehidrasi dan sempat mengalami penurunan tensi. Diketahui  selama sebulan makanan yang ia makan iyalah umbut nibong (pucuk nibong) sehingga harus digendong saat turun dari gunung karena tidak mampu berjalan. Namun saat ini telah ditangani langsung oleh tim medis. (Pendam16)

Pekerjaan Fisik TMMD di Tehoru Capai 60 Persen

Posted: 30 Jul 2018 03:27 PM PDT

 Pekerjaan Fisik TMMD di Tehoru Capai 60 PersenTEHORU, LELEMUKU.COM - Tujuh Belas hari sejak pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi berjalan dengan lancar ditandai dengan beberapa pembangunan sebagai  sasaran fisik TMMD kali ini, Jum'at (27/7).

TMMD ke-102 yang berlangsung di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku mulai tampak hasilnya. Dengan pengarahan Personel TNI 118 orang, Polri 10 orang, Pemda Malteng 16 orang, FKPPI 6 orang dan 125 masyarakat setepat yang ikut berparti membatu kegiatan pelaksanaan TMMD berjalan dengan lancar. Beberapa desa yang yang beradadi Kecamatan Tehoru, Kabupaten Malteng.

Menurut Pasiter Kodim 1502/Masohi Lettu Inf Agung Prabowo, pembangunan Pembuatan Talud di Desa Saunolu sepanjang ± 100 m. Sudah mencapai 65% ,di Desa Yaputi melanjutkan Pembangunan Kantor Negeri 65%, pembuatan Pagar Mesjid sepanjang ± 100 m.

75 %, di Desa Hutumete Pasang Keramik dan Pasang Plafon Mesjid 60% serta Pembuatan Tiang Toreng Gereja 30%, di Desa Mosso Melanjutkan pembangunan kantor negeri.  93% dan pembuatan Aula/TPQ Mesjid ukuran 9 m x 13 m. 60%, dan di Desa Teluti Baru membuat Teras, Rabat, Pasang Keramik dan Plafon kantor negeri. 55 % dan rehab 2 unit rumah tidak layak huni 80 %.

"Semua ini berkat kerja keras dan kerja sama TNI, Polri, Pemda, FKPPI dan masyarakat masing-masing desa sehingga pegerjaan berjalan cukup cepat dan lancar", ungkap Lettu Inf Agung Prabowo. (Penrem151)

Orquesta de Camara de Siero (OCAS) Kuatkan Ambon Sebagai Kota Musik Dunia

Posted: 30 Jul 2018 01:20 PM PDT

Orquesta de Camara de Siero (OCAS) Spanyol Kuatkan Ambon Sebagai Kota Musik DuniaAMBON, LELEMUKU.COM - Kehadiran Orquesta de Camara de Siero (OCAS) Spanyol yang didukung Kemendikbud di Kota Ambon untuk mentaskan musik orkestra dan melakukan berbagai kegiatan musik, semakin menegaskan kelayakan Ambon sebagai World City of Music (WCM).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon,A.G.Latuheru saat memberi sambutan pada acara Welcome Dinner yang digelar di Rumah Dinas Wakil Walikota Ambon,minggu (29/7).

OCAS yang dalam kegiatannya "Vinculos for Indonesia",mengadakan pertunjukan dibeberapa Kota di Indonesia, dan Ambon merupakan salah satu Kota yang dituju oleh Grup Orkestra asal Spanyol tersebut.

Conductor OCAS, Manuel Angel Vasques dalam sambutannya mengaku sangat senang dengan keramahan dari masyarakat Ambon.

Sedangkan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Darwin Tampubolon menerangkan, Vinculos project dari OCAS Spanyol dengan mendatangkan sebanyak kurang lebih 50 musisi orkestra adalah cikal bakal program dari Kemendikbud, Indonesiana, yakni mengenalkan kebudayaan Indonesia ke internasional, salah satunya musik sehingga mengangkat tema "music for peace" atau musik untuk perdamaian

Adapun Perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) Spanyol di Indonesia, Beatrice Civite menyatakan, pihaknya sangat senang berada di Kota Ambon, yang identik dengan musik. Karenanya, diharapkan, melalui musik, dapat menumbuhkan hubungan persaudaraan yang harmonis antara Spanyol dan Indonesia khususnya Kota Ambon.

Untuk diketahui, OCAS Spanyol tiba di Kota Ambon pada Minggu siang yang disambut oleh Sekretaris Kota dan jajarannya. (DiskominfoAmbon)

Mabes TNI Kirim Bantuan Logistik untuk Suku Mausu Ane

Posted: 30 Jul 2018 01:13 PM PDT

Mabes TNI Kirim Bantuan Logistik untuk Suku Mausu AneJAKARTA, LELEMUKU.COM - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) mengirimkan tambahan bantuan logistik, seperti bahan makanan, pakaian, tenda, kebutuhan anak-anak, obat-obatan, alat komunikasi, serta tenaga medis dan komunikasi yang tergabung dalam Satgas Penguatan Bantuan Kemanusiaan untuk masyarakat Suku Mausu Ane.

Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Suku Mausu Ane yang sedang mengalami musibah kelaparan akibat gagal panen karena tanaman pertaniannya diserang hama tikus dan dirusak oleh babi hutan itu diberangkatkan oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsma M Khairil Lubis dengan menggunakan Pesawat Hercules A-1312 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (28/7).

Terkait musibah kelaparan yang sedang dialami oleh anak bangsa, khususnya masyarakat Suku Mausu Ane di Pegunungan Markulle, Pulau Seram, Maluku Tengah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beberapa waktu lalu telah melaporkan kejadian tersebut kepada Presiden Joko Widodo dan menyampaikan bahwa TNI melalui Kodam XVI/Pattimura telah bertindak cepat memberikan pertolongan awal dengan mengirimkan bantuan logistik (makanan dan obat-obatan) serta tim medis, termasuk beberapa personelnya.

Sementara itu, Waasops Panglima TNI Marsma M Khairil Lubis mengatakan antara lain bahwa selain pengiriman bantuan tambahan logistik untuk masyarakat Suku Mausu Ane, pihaknya juga juga telah membuat camp penampungan sementara di Pegunungan Markulle, tepatnya di Dusun Siahari dan Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur, Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi  Maluku.

 "TNI, Polri, Kementerian Sosial, Pemda, dan masyarakat setempat juga telah melakukan aksi-aksi dengan memberikan dukungan bantuan berupa makanan, selimut termasuk pembuatan camp penampungan," tambahnya. (JPP)

Wonderful Sail Indonesia (WSI 2018) Ciptakan Jalur Rali Yacht Terbaik di Dunia

Posted: 30 Jul 2018 01:13 PM PDT

Wonderful Sail Indonesia (WSI 2018) Ciptakan Jalur Rali Yacht Terbaik di DuniaJAKARTA, LELEMUKU.COM - Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dwisuryo Indroyono Soesilo menilai Wonderful Sail to Indonesia selain menjadi branding wisata layar yang prestisius bagi Indonesia di tingkat internasional, juga akan menciptakan jalur rali yacth terbaik dunia.

"Wonderful Sail to Indonesia ini menjadi wisata layar terpanjang di dunia melintasi jalur terbaik sepanjang  7.000 km di perairan nusantara dan berlangsung  selama 5 bulan dari Juni hingga November 2018 atau saat cuaca paling baik di perairan garis khatulistiwa," kata Dwisuryo Indroyono Soesilo didampingi Raymond T. Lesmana Anggota Bidang II Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar dalam jumpa pers usai meluncurkan 'Wonderful Sail To Indonesia 2018' di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Senin siang (25/6/2018).

Selama lima bulan tersebut para yachter akan singgah di pulau-pulau sebagai titik labuh yang ke depannya akan menjadi destinasi yacht. "Mulai dari entry port hingga exit port  kita persiapkan sekitar 53 destinasi yang akan disinggahi," kata Indroyono seraya mengatakan, di destinasi yang disinggahi tersebut wisatawan atau para yachter akan membelanjakan uangnya untuk menikmati kuliner, membeli cinderamata, menggunakan transportasi lokal, maupun untuk keperluan lainnya. "Karena lama tinggalnya panjang hingga 5 bulan spending money-nya wisatawan kapal yacht ini jauh lebih besar di banding wisatawan biasa," kata Indroyono.

Raymond T. Lesmana menjelaskan, Wonderful Sail to Indonesia terdiri dari 5 reli layar dunia yaitu Wonderful Sail Anambas To Natuna, Wonderful West Kalimantan Rally, Back to Down Under Rally, Wonderful Sail2Indonesia, dan Wonderful Sail Indonesia. Ini untuk mewujudkan misi pengembangan wisata layar nasional yakni menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata layar dunia.

 Dalam penyelenggaraan Wonderful Sail To Indonesia 2018 yang diikuti 120 yacht dari 15 negara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan John Martin, yacht rally organizer dari New Zealand. "Kegiatan wisata layar ini menjadi pemicu tumbuhnya pariwisata bahari daerah serta memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat setempat," kata Raymond. Dengan semakin banyaknya yacht asing yang masuk, akan mendorong tumbuhnya investasi untuk membangun fasilitas pendukung seperti marina dan yacht club yang belakangan ini mulai dibangun di beberapa tempat di Tanah Air.

Raymond menjelaskan, kegiatan reli layar Wonderful Sail2Indonesia (WS2I 2018) akan mulai start dari New Zealand dan masuk ke Indonesia pada 25 Juli melalui entry port di Debut, Kabupaten Maluku Tenggara. Seluruh peserta WS2I sebanyak 70 yachts akan singgah di 21 destinasi titik labuh dengan mengakhiri pelayaran melalui exit port  di Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau pada 26 November 2018 mendatang.

Sementara itu untuk reli layar Wonderful Sail Indonesia (WSI 2018) diikuti 20 yachts akan mengambil start dari Darwin dan Cairns, Australia dan akan masuk ke Indonesia melalui entry port di Kupang pada 1 Agustus 2018. Reli ini akan berlangsung pada  1 Agustus  hingga 6 November 2018.

Seperti diketahui untuk mendorong percepatan pembangunan wisata bahari pemerintah melakukan deregulasi antara lain dengan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres  RI Nomor 79/ 2011, diubah  dengan Perpres No 180/ 2014 dan disempurnakan menjadi Perpres No. 105/ 2015) yang memudahkan masuknya kunjungan kapal wisata yacht asing ke Indonesia.

Selain itu bersama stakeholder wisata bahari, Kemenpar telag menyelenggarakan banyak event sail dan reli dengan mengundang club yachts mancanegara di antaranya  Sail Bunaken (2009), Sail Banda (2010) Sail Wakatobi Belitong (2011), Sail Morotai (2013), Sail Komodo (2014), Sail Raja Ampat (2015), Sail Karimata (2017), Sail Sabang (2017). Semenara tahun 2018 diselenggarakan Sail Moyo –Tambora 2018,  Darwin - Ambon Yacht Race, Sail Maluku, maupun Sail Saumlaki. (HumasKemenpar)

3 Gempa Guncang Halmahera Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

Posted: 30 Jul 2018 12:59 PM PDT

3 Gempa Guncang Halmahera Selatan, Tidak Berpotensi TsunamiLABUHA, LELEMUKU.COM - Tiga gempa bumi dengan magnitudo 3 hingga 4 skala richter (SR) guncang perairan di Kepulauan Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada Senin (30/7) malam.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku melalui Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Karang Panjang, Ambon, rProvinsi Maluku, Abraham F. Mustamu S.Si. M.M ketiga gempa yang terjadi pada kedalaman 10 km tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa pertama dengan magnitude 4.2 SR terjadi pada pukul 23.03 WIT pada koordinat 1.08 Lintang Selatan (LS)- 127.3 Bujur Timur (BT) atau terletak 48 km Barat Laut Obi dan 54 km Barat Baya Kota Labuha

Gempa kedua terjadi pada pukul 23.12 WIT dengan magnitudo 3.5 SR. Terletak pada lokasi yang sama dengan gempa pertama.

Selanjutnya pada gempa ketiga dengan guncangan 3.4 SR kembali terjadi pada 23.38 WIT dengan koordinat 1.09 LS-127.45 BT atau 35 km Baratlaut Obi dab 51 km Selatan, Kota Labuha. (Albert Batlayeri)

Kota Ambon Sukses Perkenalkan Budaya Maluku ke Belanda

Posted: 30 Jul 2018 12:34 PM PDT

Kota Ambon Sukses Perkenalkan Budaya Maluku ke BelandaAMSTERDAM, LELEMUKU.COM - Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Kerajaan Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan masyarakat Kota Ambon, Provinsi Maluku atas partisipasi dan keterlibatannya dalam memperkenalkan seni dan budaya Indonesia khususnya Maluku pada beberapa event internasional di Belanda.

Menurutnya, kedutaan besar RI tetap memberikan apresiasi dan atensi penuh atas berbagai aktivitas pemerintah Kota Ambon di Belanda termasuk kerjasama syster city antara Kota Ambon dan Kota Vlissingen, maupun kerjasama yang sementara dibangun dengan perusahaan air bersih dan Waste Energy.

"Kota Ambon merupakan salah satu kota terbaik di indonesia yang berhasil dalam menerapkan kerjasama syster city yang berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat kota ambon khususnya, dan indonesia pada umumnya," tuturnya saat lakukan pertemuan di Hotel Jakarta Amsterdam Minggu (29/7).

Dalam pertemuan yang berlangsung santai dalam suasana kekeluargaan ini Walikota Ambon didampingi Kabag Investasi Biro Ekonomi dan Investasi Provinsi Maluku Rico Hayat, Plt.Kadis Kominfo dan Persandian Joy Adriaansz dan Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Selly Kalahatu, sekaligus melaporkan berbagai agenda yang telah dilakukan Pemerintah Kota Ambon di Belanda, baik pada event World Proef maupun Kwaku Summer Festival Internasional 2018.

Duta Besar RI didampingi Istri pada kesempatan yang sama, juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kinerja pemerintah kota ambon dan berharap pemerintah kota ambon tetap membangun komunikasi secara intens dengan Kedutaan Besar RI di Belanda. Sehingga berbagai program dapat dikawal secara baik, sehingga tujuannya benar-benar dapat tercapai dan dimanfaatkan secara optimal.

Ia pun berharap Kota Ambon dapat mendukung dan terlibat langsung pada program Kedutaan Besar RI yaitu Pasar Raya Indonesia yang akan dilaksanakan pada pertengahan September 2018 mendatang.

Diakhir pertemuan, Walikota ambon atas nama segenap masyarakat Kota Ambon menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan penuh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda beserta staf, dan berharap berbagai program pemerintah kota ambon di belanda baik yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan, kiranya mendapat dukungan, perhatian dan pendampingan. (DiskominfoAmbon)

Kwaku Summer Festival International 2018 Berlangsung Meriah

Posted: 30 Jul 2018 12:20 PM PDT

Kwaku Summer Festival International 2018 Berlangsung MeriahAMSTERDAM, LELEMUKU.COM - Puluhan ribu pengunjung dari berbagai negara memadati Taman Nelson Mandela - Amsterdam, Belanda guna menghadiri pembukaan Kwaku Summer Festival Internasional 2018, Sabtu (28/7).

Panitia penyelenggara melalui ketua panitianya Ambonwhena Aratuaman mengatakan bahwa total pengunjung sampai dengan tengah hari diluar ekspetasi dan telah mencapai lebih dari 50 ribu orang dan jumlahnya semakin bertambah. 

Walikota Ambon Richard Louhenapessy didampingi Ibu Debby Louhenapessy dalam sambutan pembukaannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua panitia penyelenggara Kwaku Summer Festival Internasional 2018
Diberbagai zona dipenuhi oleh ribuan pengunjung yang memadati taman seluas 54 hektar. Menurutnya, Festival Kwaku tahun 2018 merupakan penyelenggaraan yang paling sukses sejak dilaksanakan 70 tahun yang lalu.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy didampingi Ibu Debby Louhenapessy dalam sambutan pembukaannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua panitia penyelenggara Kwaku Summer Festival Internasional 2018,  Agoes Peilouw  dan ketua koordinator masyarakat Maluku di Amsterdam Angelo Manuhutu yang telah turut mendukung Pemerintah Kota Ambon dalam mempromosikan seni, budaya dan potensi Kota Ambon pada event ini. 

Walikota selanjutnya mengajak seluruh peserta yang hadir jika ingin lebih mengenal maluku dan kota ambon lebih dekat, diharapkan dapat mengunjungi Kota Ambon pada Event Visit Ambon 2020.

Pada sesi pertama, Group Musik Amboina Voice (Selly Kalahatu, Giofandro Louhenapessy dan Margie Sipahelut) secara berturut-turut membawakan lagu Aniong Mama, Sinamania, Sio MamaPada festival dimaksud, perwakilan Tim Kesenian Kota Ambon tampil pada dua sesi yang meliputi pentas seni budaya outdoor dan indoor. 

Pada sesi pertama, Group Musik Amboina Voice (Selly Kalahatu, Giofandro Louhenapessy dan Margie Sipahelut) secara berturut-turut membawakan lagu Aniong Mama, Sinamania, Sio Mama diiringi Tarian, Musik Tradisional Tifa Totobuang dan Teatrikal persembahan Taman Budaya Provinsi Maluku.

Sementara di sesi kedua, Amboina Voice membawakan lagu Toma, Papaceda dan Maluku Tanah Pusaka serta tarian Tifa Mungare. Penampilan di Sesi Kedua diakhiri dengan Goyang Tobelo dan Poco-poco.

Penampilan Tim Kesenian Kota Ambon ternyata berhasil memukau para pengunjung Kwaku Summer Festival dan menyemarakan suasana.Penampilan Tim Kesenian Kota Ambon ternyata berhasil memukau para pengunjung Kwaku Summer Festival dan menyemarakan suasana. Hal ini terlihat dari antuasiasme dan keikutsertaan pengunjung menyanyikan lantunan lagu yang dibawakan oleh Amboina Voices.

Agoes Peilouw menyampaikan apresiasi yang mendalam atas partisipasi Tim Kesenian Kota Ambon yang telah hadir dan mensukseskan festival dimaksud. Ia berharap event ini dapat dimanfaatkan dimasa mendatang, sebagai ajang mempromosikan pariwisata kota ambon di tingkat internasional, sehingga kota ambon semakin dikenal, dikunjungi dan dicintai masyarakat dunia. (DiskominfoAmbon)

Satgas TMMD Tambal Jalan Berlubang di Kampung Cina Tua

Posted: 30 Jul 2018 12:04 PM PDT

Satgas TMMD Tambal Jalan Berlubang di Kampung Cina TuaCINA TUA, LELEMUKU.COM - Kodim 1709/Yawa menggelar karya bhakti yang bertempat di Kampung Cina Tua, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua.

Kegiatan karya bhakti tersebut mengambil objek pada lubang-lubang yang terdapat pada jalan utama menuju Kampung, serta jembatan kecil yang rusak akibat terkena arus ombak, Minggu (22/7).

Pelaksanaan karya bhakti yang dipimpin langsung oleh Perwira Seksi (Pasi) Ops Kodim 1709/Yawa Lettu Inf Masngudi, mendapat sambutan yang sangat baik oleh warga Kampung. Tak sedikit dari mereka turut membantu dan berkerja secara bergotong-royong bersama anggota Kodim 1709/Yawa.

Tentunya ini memberikan gambaran serta contoh yang baik kepada warga, karena terus melestarikan budaya dari nenek moyang kita dengan berkerja secara bergotong royong.

Melalui kegiatan karya bhakti juga akan mengajarkan kepada warga tentang kepedulian kepada lingkungan serta dapat pula memperkokoh kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Salah satu warga Kampung Cina Tua, Bpk. Yan Worabay memberikan apresiasi kepada Kodim 1709/Yawa, karena selain terfokus untuk pembangunan rumah melalui program TMMD, Kodim juga peduli terhadap memperbaiki jalan serta jembatan.

"Tentunya ini sangat membantu warga, jembatan serta jalan di Kampung ini telah rusak sejak hampir setahun yang lalu, namun belum ada tindakan lebih lanjut dari Pemerintah Desa (Pemdes) ataupun warga Kampung ini sendiri" Ungkapnya

Melalui karya bhakti dari Kodim semua bisa di selesaikan dengan cepat, dan dari sisi lain Kodim 1. (Pendam17)

Anggota Satgas TMMD Yapen Waropen Mandikan Kakek Buta

Posted: 30 Jul 2018 12:03 PM PDT

Anggota Satgas TMMD Yapen Waropen Mandikan Kakek ButaSERUI, LELEMUKU.COM - Dengan usia yang tak lagi muda serta cacat pada mata yang menimpa dirinya, membuat Kakek Simson Asaribab tak bisa berbuat banyak.

Kakek berusia 70 Tahun tersebut hanya bisa terduduk diam di dalam rumah akibat penyakit mata katarak kronis yang menimpa dirinya.

Merasa prihatin dengan kondisi sang Kakek, Serda Syarif yang juga sebagai anggota Satgas TMMD Ke-102 Kodim 1709/Yawa, menyempatkan diri disela-sela waktu kerjanya untuk membantu Kakek Simson, Minggu (22/7).

Selain mengajak bercerita dan bercanda bersama untuk menghibur Kakek Simson, setiap sorenya Serda Syarif berkesempatan untuk bantu memandikan sang Kakek buta tersebut.

Serda Syarif mengatakan ia sudah menganggap Kakek Simson sama seperti orang tuanya sendiri dan juga merasa telah menjadi bagian dari mereka.

"Melihat kondisi sang Kakek yang tidak bisa melihat saya merasa sangat tersentuh, karena dirinya pasti tak bisa berbuat apa-apa tanpa bantuan dari orang lain" Jelas Syarif

TMMD di Kampung bukan hanya untuk membangun rumah bagi warga, tetapi juga untuk membangun kebersamaan dan toleransi demi memperkokoh persatuan NKRI", ujar Serda Syarif.

Sang Kakek merasa sangat bersimpati terhadap apa yang sudah dilakukan oleh Serda Syarif, dirinya mengaku sangat senang dengan adanya TMMD dari Kodim, "selama ini jarang sekali ada orang yang datang untuk menghibur saya, apalagi sampai membantu saya untuk mandi " Ungkap Kakek Simson

Sekalipun disini banyak anak-anak serta cucu saya tapi mereka semua sibuk dengan kegiatan mereka sehari-hari. Dengan adanya TMMD saya merasakan warga dan TNI dalam hal ini Kodim sudah sama seperti keluarga, bahkan lebih", ungkapnya. (Pendam17)

Tim Wasev Pantau Lokasi TMMD ke 102 Kodim Boven Digoel

Posted: 30 Jul 2018 12:03 PM PDT

Tim Wasev Pantau Lokasi TMMD ke 102 Kodim Boven DigoelTANAH MERAH, LELEMUKU.COM - Komandan Kodim 1711/BVD (Letkol INF Candra Kurniawan, SE) selaku Dansatgas TMMD ke-102 Kodim 1711/BVD memaparkan pelaksanaan TMMD ke-102 kepada Kolonel Inf Farid Makruf, M.A (Paban V/Bakti Ster TNI) didampingi Letkol Inf Puji Hartono (Pabandya 1/Kompensasi Spaban 4/Komsos Ster TNI) dan dihadiri oleh Kasiter 174/ATW (Kolonel Inf Muh Andi Prihantono), Dansatgas Pamtas Yonif R 323/BP (Letkol Inf Agus Jovan), Pabandya Bakti TNI Dam XVII cenderawasih (Letkol Inf Yuana Budi), serta tokoh masyarakat Kampung Asiki, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua pada Senin (23/7) pukul 17.00 Wit . 

Dimana dalam paparan tersebut Dandim menyampaikan tentang rangkaian kegiatan TMMD ke-102 Kodim 1711/BVD baik Sasaran Fisik maupun sasaran Non Fisik, serta juga menyampaikan maksud dan tujuan paparan tersebut untuk memberikan gambaran tentang kegiatan TMMD ke-102 Kodim 1711/BVD kepada Tim Was Ev sebagai bahan evaluasi saran dan masukan guna sebagai bahan laporan tentang kegiatan ke Komando Atas.

Setelah paparan sudah diterima oleh Tim Wasev TMMD, Kolonel Inf Farid Makruf, M.A (Paban V/Bakti Ster TNI) menyampaikan pesan dari bapak KASAD beliau mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati, SKPD Kab. Boven Digoel, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat atas dukungan dan partisipasinya untuk mensukseskan program TMMD ke-102 Kodim 1711/BVD serta kepada media cetak yang sudah mempublikasikan kegiatan TMMD ke-102 Tahun Anggaran 2018.

Kunjungan kerja Tim Was Ev guna memastikan lokasi TMMD sekarang ini sudah tepat sasaran serta melihat secara langsung kegiatan TMMD dilapangan untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi program TMMD yang akan datang.

Kolonel Inf Farid Makruf, M.A mengajak masyarakat untuk terus gotong royong dan saling membantu dalam mensukseskan TMMD ke-102 Kodim 1711/BVD, sehingga program TMMD ini bisa dinikmati masyarakat dalam jangka waktu panjang. (Pendam17)

Inspektur Jenderal TNI Kunjungi Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad

Posted: 30 Jul 2018 11:57 AM PDT

Inspektur Jenderal TNI Kunjungi  Satgas Yonif Para Raider 501 KostradJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Satuan Petugas (Satgas) Yonif Para Raider 501 Kostrad menerima kunjungan kerja Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI M. Herindra pada Senin (23/7). 

Kunjungan Irjen TNI ini adalah dalam rangka kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) periode III tahun 2018.

Kedatangan Letjen TNI M. Herindra di Pos Komando Taktis (Kotis) langsung disambut oleh Danrem 172/PWY, Kolonel Inf. Binsar Parluhutan Sianipar, Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad beserta seluruh Prajurit Pos Kotis Satgas 501 Kostrad. Setelah menerima Jajar Kehormatan dari Prajurit Pos Kotis, Irjen TNI langsung menuju ruang briefing Satgas 501 Kostrad untuk menerima paparan dari Danrem 172/PWY selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Satgas.

Dalam paparannya, Danrem 172 memaparkan tentang dislokasi satuan yang melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dan Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan), patok batas Negara yang menjadi tanggung jawab Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Satgas Yonif 121/MK, dan Satgas Yonif RK 644/WS. 

Selain itu, Danrem 172 juga memaparkan tentang apa yang telah dilakukan oleh Satgas selama 5 bulan bertugas serta hasil dan kendala yang dialami oleh Satgas selama melakukan tugas operasi di Papua.

Dalam sambutannya, Irjen TNI, Letjen TNI M. Herindra mengucapkan terima kasih kepada ketiga Satgas yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. 

"Tugas operasi adalah kehormatan dan kebanggan dari setiap Prajurit", ujar Letjen TNI M. Herindra.

Diakhir kunjungannya, Letjen TNI M. Herindra berpesan kepada seluruh Prajurit yang terlibat Satgas Pamtas RI-PNG agar selalu melaksanakan tugas dengan maksimal karena sudah menjadi tugas pokok Satgas untuk menjaga dan mengamankan Perbatasan Negara, senantiasa menjaga kesehatan, dan selalu bekerja sama antar Satgas guna untuk menunjang keberhasilan tugas.

Turut hadir mendampingi Irjen TNI dalam acara kunjungan kerja ke Pos Kotis Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Irops Itjen TNI Brigjen TNI Heru Suyono, Kasdam XVII/ Cendrawasih, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, Inspektur Kodam XVII/ Cendrawasih Kolonel Inf. Joko Hadi Susilo, Asisten Perencanaan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Kav. Benni Nugroho, Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol Inf. Lukas, Dansatgas Yonif 121/MK Letkol Inf. Imir Faishal, serta Dansatgas Yonif 644/WS Letkol Inf. Gede Setiawan. (Pendam17)

Anggota TNI Mengajar Wawasan Kebangsaan ke SD Negeri Inpres Salor 1

Posted: 30 Jul 2018 11:57 AM PDT

Anggota TNI Mengajar Wawasan Kebangsaan ke SD Negeri Inpres Salor 1MERAUKE, LELEMUKU.COM  - Babinsa Kampung Telaga Sari Koramil 1707-05/Merauke Kopda Slamet Kurniawan mengajar Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siwi SD Negeri Inpres Salor 1, Distrik Kurik, Kab. Merauke, Provinsi Papua pada Senin (23/7).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Kopda Slamet Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan mengajar wawasan kebangsaan kepada 29 orang siswa-siswi Kelas 3 SD Negeri Salor 1 yang dilakukan kali itu meliputi cinta tanah air, semangat gotong royong dan saling menghargai antar sesama.

Sementara itu, menurut Bapak Yolmen, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Negeri 1 Salor mengatakan bahwa keterlibatan Babinsa Kopda Slamet Kurniawan dalam membantu mengajar merupakan inisiatifnya sendiri untuk ikut serta mencerdaskan siswa-siswi melalui materi wawasan kebangsaan.

"Kami selaku Kepala Sekolah dan para guru yang lain telah bersepakat memberikan waktu kepada Babinsa jajaran Koramil 1707-05/Merauke untuk turut serta membantu mengajar kepada siswa-siswi tentang wawasan kebangsaan," ucap dia.

Ia mengungkapkan terima kasih banyak kepada Babinsa Koramil 1707-05/Merauke yang turut serta membantu mengajar kepada siswa-siswi SD Negeri Salor 1.

"Lami berharap agar kegiatan seperti ini kedepannya dapat terus dilakukan baik itu wawasan kebangsaan maupun pelatihan baris-berbaris agar para siswa-siswi juga memiliki dasar baris-berbaris dengan baik dan benar, "ucap Bapak Yolmen kepada Babinsa Kopda Slamet Kurniawan usai mengajar materi wawasan kebangsaan. (Pendam17)

FKPPI Dukung Pelaksanaan TMMD di Kodim Yapen Waropen

Posted: 30 Jul 2018 11:54 AM PDT

FKPPI Dukung Pelaksanaan TMMD di Kodim Yapen WaropenSERUI, LELEMUKU.COM - Sudah separuh jalan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang Ke-102 Kodim 1709/Yapen Waropen pada Tahun 2018, yang digelar dibeberapa titik di Kabupaten Kepulauan Yapen dengan sasaran fisik berupa pembangunan 14 rumah dan 2 PAUD

Prajurit Satuan Tugas TMMD mendapat tambahan munisi tenaga dari Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Selasa (24/7).

Dengan hadirnya FKPPI di lokasi TMMD, tentunya merupakan bantuan yang tak terkira besarnya bagi Satgas TMMD.

"Selain pekerjaan menjadi lebih ringan, berkat bantuan tenaga dari FKPPI ini juga pencapaian target untuk hari ini pun bisa lebih maksimal," ujar Sertu Prayogo selaku Komandan Kelompok Tukang.

"Tentu kami senang kalau ada anak-anak muda ini, yang dengan kerelaan hati ikut bergabung dalam pengabdian kepada masyarakat, dalam mewujudkan dan mengerjakan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, semoga ini menjadi tauladan," tambahnya.

Ketua FKPPI Y. Sanggenafa yang turut serta membantu di lokasi TMMD juga mengungkapkan terimakasihnya karena kami diijinkan untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan proyek fisik pada TMMD yang digelar oleh Kodim 1709/Yawa.

"Dengan menyumbangkan dharma bhakti kepada warga masyarakat, saya berharap agar setiap ada kegiatan bhakti TNI seperti TMMD ini, agar kami diundang dan ikut dilibatkan juga," harapnya. (Pendam17)

Bambang Soesatyo Minta Semua Pihak Perhatikan Korban Gempa di Lombok

Posted: 30 Jul 2018 11:51 AM PDT

Bambang Soesatyo Minta Semua Pihak Perhatikan Korban Gempa di LombokJAKARTA, LELEMUKU.COM - Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diguncang gemba bumi berkekuatan 6,4 SR pada Minggu (29/7) lalu, yang mengakibatkan 15 orang meninggal, 197 luka-luka, dan lebih dari 1000 rumah mengalami kerusakan. 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong pihak-pihak terkait untuk segera menyelamatkan korban dan memberikan bantuan kesehatan, pangan, pakaian, dan kebutuhan lainnya, serta memperhitungkan kerugian yang ditimbulkan akibat gempa.

"Pimpinan DPR RI mendorong Komisi V dan Komisi VIII untuk meminta Basarnas untuk bersinergi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera memberikan bantuan kepada korban," tegas Ketua DPR RI saat ditemui Perlementaria setelah menerima penyematan Brevet Hiu Kencana di Pangkalan Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta, Senin (30/7).

Bamsoet, sapaan akrabnya, juga mendorong Komisi VIII DPR RI meminta Kementerian Sosial (Kemensos) berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui taruna siaga bencana (tagana) untuk memobilisasi pemberian bantuan kemanusiaan agar kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat Lombok yang terdampak gempa dapat disalurkan tepat sasaran dan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Ditjen Cipta Karya dan Balitbang PUPR untuk memobilisasi bantuan air bersih dan sanitasi bagi para pengungsi, serta melakukan pembangunan kembali kepada lebih dari 1000 rumah masyarakat, rumah ibadah, dan fasilitas kesehatan yang mengalami kerusakan akibat gempa," tambah politisi Partai Golkar itu.

Ia menambahkan, Komisi IX DPR RI juga harus meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mendirikan posko siaga kesehatan dalam menyediakan obat-obatan dan tenaga kesehatan guna mengantisipasi penyakit yang timbul dan dialami oleh para pengungsi gempa. BMKG pun terus melakukan pemantauan gempa, serta terus menginformasikan perkembangan gempa.

"Kami menyampaikan rasa prihatin dan dukacita yang mendalam, terutama bagi korban yang meninggal dan terluka, serta bagi keluarga korban untuk bersabar menerima musibah gempa ini. Masyarakat kami imbau untuk tetap waspada dan tidak mempercayai dengan mudah berita-berita hoaks yang mungkin beredar pascagempa, dan hanya mempercayai berita atau informasi dari sumber terpercaya," pesan Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu. (HumasDPRD)

Tim Tanggap Darurat Mabes TNI Datangi Suku Mause Ane di Siahari

Posted: 30 Jul 2018 11:44 AM PDT

Tim Tanggap Darurat Mabes TNI Tiba di Suku Mause AneSIAHARI, LELEMUKU.COM - Telah tiba Tim Tanggap Darurat dari Markas Besar TNI (Mabes TNI) dalam rangka Operasi Bantuan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.I.P. Kepada warga Suku Mause Ane diwilayah Dusun Siahari, Desa Manio Rendah, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (29/7).

Dalam kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI Antongan Simatupang yang di dampingi oleh Paban V/Bhakti Ster TNI, Kolonel Inf Farid dan Danrem 151/Binaiya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru untuk meninjau Suku Mause Ane guna memberi bantuan berupa materil dan logistik.

Selain itu  penyerahan matrial, logistik dan Obat-obatan dari Mabes TNI bagi masyarakat suku Mausu Ane oleh Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI Antongan Simatupang berupa Tenda Serba guna 5 set, Dapur Lapangan 2 set.

Alat makan 200 set, Bahan makanan 200 Paket, Ransum T2 ABC 1000 Paket, Susu 1000 ea, Selimut 200 ea, Obat-obatan 500 kg, Pakaian, Air mineral 43 koli, Alat Tulis, Maianan Anak, Alkom Vsat dan Repeater Komplek.

Sehingga dengan kehadiran TNI dalam misi kemanusiaan dapat membantu dan  mengatasi musibah bencana kelaparan yang di alami suku Mausu Ane. (Penrem151)
Share 2 WA Share 2 G+